Bermain Dengan Mainan Senjata

 

Ada sisi baik, tentu ada pula sisi buruk. Selama ini memang cukup banyak kasus mainan senjata (persisnya, peluru karet yang menyasar dengan keras) yang mencelakakan anak sehingga harus menjalani operasi mata bahkan mengalami kebutaan. Bagaimana memaksimalkan kebaikan mainan senjata  dan mengurangi risiko negatifnya, kuncinya ada di tangan orangtua dan orang dewasa di sekitar anak.

Memilih Pistol-pistolan
  • Peluru. Untuk anak kecil, jangan belikan pistol-pistolan berpeluru. Sampai anak tahu dan sadar benar apa yang bisa diakibatkan sebutir peluru, pistol-pistolan berpeluru adalah tabu.
  • Bentuk. Pistol-pistolan sedapat mungkin tidak terlihat seperti aslinya. Daripada membeli pistol-pistolan mirip MG (salah satu jenis senjata), belikan anak pistol mainan dari kayu, sehingga  anak-anak sadar bahwa pistol tersebut adalah mainan, orang-orang di sekitarnya pun tidak takut saat anak bermain-main sambil menodongkan pistolnya.
  • Pengawasan dan pengertian. Selalu ingatkan anak-anak, bahwa pistol-pistolan tidak untuk diarahkan ke wajah, dan tidak untuk melukai orang lain. Juga harus diingat, saat kita merasa bahwa permainan tidak lagi di bawah kendali, permainan harus segera berakhir.
  • Jika Ayah bermain paint ball yang menggunakan pistol-pistolan, terangkan kepada anak bahwa itu adalah permainan dan hanya dilakukan oleh orang dewasa.  
Memilih Video Games
  • Cermati batasan usia yang tercantum di kemasan video game. Untuk video game yang penuh dengan adegan darah, pembunuhan, pemasungan kepala, tidak dibenarkan untuk dimainkan oleh anak-anak di bawah usia 18 tahun.
  • Video games sebaiknya tidak dimainkan sebelum anak merayakan ulangtahun yang ke-5.
  • Pilihlah video games yang bersifat mendidik, misalnya, merangsang logika atau mengajarkan berhitung dan warna, tanpa melupakan unsur kesenangan.
  • Usahakan agar ayah, bunda, atau orang dewasa lain yang bertugas untuk mengawasi anak, menyertai anak selama bermain video game. Lebih mengasyikkan lagi, jika bermain bersama.
  • Untuk anak usia 5 tahun, waktu maksimal bermain video game adalah setengah jam. Berlama-lama duduk di depan komputer maupun game console lainnya, tidak berdampak baik. Lebih baik dan asyik jika bermain koboi-koboian bersama Ayah, bukan?



 



Artikel Rekomendasi