Bermain Dengan Tangan dan Kaki

Bermain Dengan Tangan dan Kaki Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Selain kaya manfaat, Anda dan bayi akan sama-sama menikmati aktivitas ini. Praktis dan sehat!

Anda pasti setuju, tahun pertama kehidupan bayi adalah masa yang paling menentukan dalam semua aspek tumbuh kembangnya. Itu sebabnya, orang tua masa kini diharapkan melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, termasuk merangsang motorik kaki dan tangannya. Berbagai permainan berikut ini dapat Anda lakukan sebagai stimulasi tumbuh kembang bayi. Lakukan dengan gembira bersama si kecil. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk melatih motorik kaki dan tangan bayi.
  • Sepeda Udara. Melatih koordinasi mata kaki, serta kekuatan otot kaki, tulang belakang hingga leher dan kepala. Bisa dilakukan sejak bayi lahir.
  • Berguling bersama bola. Melatih keseimbangan bayi, kekuatan tubuh bagian atas (seperti leher dan tangan), dan koordinasi kaki-tangan. Bisa dilakukan sejak bayi lahir.
  • Bermain kerincingan. Melatih sleuruh otot dan yang menunjang gerak ( tangan dan kaki). Bisa dilakukan sejak bayi lahir.
  • Sit Up bayi. Melatih seluruh otot dan persendian, teruma tubuh bagian tas (leher, bahu, tangan). Untuk bayi usia 3-4 bulan ke atas.
  • Ayun kaki Ibu. Melatih kemampuan menjaga keseimbangan serta memperkuat seluruh otot dan kekuatan alat gerak (tangan dan kaki). Untuk bayi usia 3-4 bulan ke atas.
  • Merangkak dan merayap. Melatih seluruh otot dan alat gerak bayi. Bisa dilakukan sejak bayi lahir
  • Terbanglah anakku. Melatih seluruh otot, terutama alat gerak dan keseimbangan. Untuk bayi usia 5-6 bulan ke atas.
Tips:
  • Waspada dan percaya diri. Berbagai aktivitas ini ditujukan untuk bayi yang sehat dan tidak memiliki masalah atau gangguan kesehatan tertentu. Selain memperhatikan kesiapan dan kondisi anak, Anda juga harus yakin dan percaya diri.
  • Aktivitas ini secara umum aman dilakukan bersama bayi di atas usia 3 bulan. Walaupun ada beberapa permainan dalam rekomendasi ini yang bisa dilakukan oleh bayi baru lahir. Tentu saja, Anda mesti benar-benar mengenal bayi, sehingga Anda menjadi yang paling tahu cara tepat menerapkan aneka aktivitas bermanfaat ini.
  • Umumnya, kaki dan tangan bayi 5 bulan sudah cukup kuat untuk berpindah tempat, dengan cara merambat, merayap atau merangkak. Lehernya pun sudha cukup kuat menyangga kepala dengan mantap. Intinya, And atak perlu ngeri melakukan eksplorasi gerak motorik ini, selain untuk bersenang-senang,ini adalah salah satu cara efektif mengevaluasi tumbuh-kembang bayi.
75 Permainan yang Mencerdaskan Bayi & Balita









Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Tema Dongeng Favorit
Yang manakah dongeng favorit anak Anda?
Fabel (Binatang)
Luar angkasa
Kejadian sehari-hari
Kepahlawanan
Dongeng kerajaan (Pangeran/Putri)