Vaksin Hepatitis B

 

Manfaat: Mencegah ibu hamil terjangkit virus Hepatitis B. Hepatitis B adalah virus dengan gejala pembengkakan hati dan gejala lainnya seperti mual, kelelahan dan kulit kuning. Dalam beberapa kasus, Hepatitis B dapat menyebabkan ganguan hati dan kanker hati. Seorang ibu hamil dengan hepatitis  B dapat menulatkan virus ini kepada bayinya saat persalinan. Bayi juga beresiko tinggi mengalami ganguan hati.

Kandungan vaksin: Vaksin dibuat dengan rekayasa genetika sehingga menyerupai virus Hepatits B. Dianggap tidak membahayakan ibu dan janin.

Kapan diberikan? Tidak lazim di Indonesia. Namun bila Anda bekerja di sektor yang bersentuhan dengan darah, seperti di laboratorium atau fasilitas kesehatan, tidak ada salahnya mendapatkan vaksinasi ini. Dapatkan pada bulan pertama, kedua, dan keenam kehamilan. Setelah divaksinasi kadar antibodi ibu (HbsAG dan Hbs) akan diperiksa. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan ibu sudah memiliki antibodi terhadap virus hepatitis B, tidak perlu divaksinasi lagi. Saat bayi lahir, dalam 24 jam ia sudah harus mendapatkan imunisasi hepatitis B pertama.

Efek samping
: Nyeri di bekas suntikan.
 Vaksinasi Untuk Ibu Hamil

 



Artikel Rekomendasi

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more