Atasi Kontraksi Awal Kehamilan

Atasi Kontraksi Awal Kehamilan Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Kehamilan kembar, kelainan bentuk rahim, kelainan letak plasenta, infeksi di alat kelamin, kelelahan fisik dan aktifitas seksual dicurigai menyebabkan kontraksi di awal kehamilan. Ini cara mengatasinya:
  • Banyak beristirahat, berbaring dengan posisi menyamping ke kiri, karena rongga perut bagian kiri umumnya lebih luas daripada bagian kanan. Selain dapat mengurangi rasa sesak, posisi ini membuat aliran darah dan oksigen ke janin, lebih baik. Bila perlu, dokter akan meminta Anda berbaring di atas tempat tidur sepanjang hari (bedrest), namun biasanya  masih boleh berdiri untuk pergi ke kamar mandi atau duduk untuk makan.
  • Menjaga asupan cairan agar tidak dehidrasi, karena bila tubuh Anda kekurangan cairan,  maka kadar hormon oksitosin (hormon yang merangsang kontraksi rahim) di dalam darah akan meningkat.  
  • Mengurangi pekerjaan atau kegiatan fisik yang berat. Jadi, hindari melakukan olahraga yang melelahkan, sering naik/turun tangga, perjalanan panjang, dan pekerjaan rumah tangga yang berat.  
  • Mengurangi kegiatan seksual, misalnya menghentikan untuk sementara atau membatasi frekuensi kegiatan seksual.
  • Mengonsumsi obat-obatan, misalnya, obat antikontraksi atau obat untuk mengatasi infeksi - jika ada.  
  • Bersedia dirawat di rumah sakit bila obat yang diberikan tidak efektif, sehingga dokter memutuskan untuk memberikan obat melalui infus.





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   88469   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   29702   
>  Mengasuh Anak Autis   21354   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   17773