Atasi Plasenta Berkapur

 

Melalui pemeriksaan ultrasonografi, akan tampak sebagai bercak putih yang tersebar dari dasar plasenta hingga permukaan.

Tindakan dokter. Dokter akan memantau janin dalam rentang waktu tertentu untuk memastikan kecakupan asupan nutrisi sesuai kebutuhan. Caranya, mengukur pertumbuhan janin, melihat jumlah cairan ketuban, dan jika tersedia alat, melihat arus aliran darah pada janin dan plasenta.

Obat. Tergantung penyebab atau penyakit yang ada pad aibu dan janin. Tetapi secara umum, dookter biasanya akan memberi obat pengencer darah agar aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen dari ibu ke plasenta lalu ke janin menjadi lebih lancar.

Perkapuran plasenta lebih sering terjadi pada kehamilan pertama. Jika penyebab kasusnya adalah ibu, selama kondisi ibu belum diperbaiki , bisa terulang pada kehamilan berikutnya. Karena itu, ibu hamil seharusnya:
  • Menerapkan pola hidup sehat, seperti mematuhi jadwal makan, berolahraga rutin, cukup istirahat, berhenti merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol.
  • Menghindari stress.
  • Mengobati infeksi dan sindrom anti fosfolipid (APS), jika ada.
  • Memeriksakan kandungan secara teratur ke dokter.
Plasenta Berkapur

 



Artikel Rekomendasi