Terapi Jus: Infeksi Saluran Kemih, Sembelit, Anemia, dan Darah Tinggi

 

Salah satu cara sehat dan lezat dalam menikmati sayuran dan buah-buahan adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Berikut beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi dengan terapi jus, plus resep lezat pilihan yang dijamin membuat semua orang ketagihan

*Infeksi Saluran Kemih (ISK). Infeksi oleh kuman ini masuk saluran kemih dan menimbulkan rasa sakit pada bagian atas tulang kemaluan serta anyang-anyangan (berasa ingin BAK). Penyebabnya antara lain kurang terjaganya kebersihan daerah intim, atau akibat sering menahan keinginan buang air kecil. Buah seperti stroberi, kranberi, kelapa, semangka, serta markisa cocok untuk mengatasi keluhan yang satu ini.  
Jus Stroberi Semangka Mentimun
Bahan:
  50 gram buah stroberi, bersihkan.
100 gram semangka.  
100 gram mentimun.  
 50 gram es serut.  
Cara membuat: Potong buah-buahan dan campur semua bahan, lalu blender. Minum selagi dingin.

*Konstipasi atau sembelit.
Pola makan rendah serat bisa membuat Anda rentan terserang konstipasi atau sembelit. Wanita hamil paling rentan terkena gangguan ini. Jika dibiarkan berlarut-larut tanpa diobati, gangguan pencernaan ini bisa berujung pada keluhan wasir. Adapun buah-buahan penangkal sembelit adalah pepaya, mangga, dan avokad. Pepaya dan mangga mengandung provitamin A dan vitamin C, beberapa jenis mineral, serta flavonoid, yang berguna membantu proses pemecahan serat makanan sehingga feses lebih mudah dikeluarkan. Sedangkan avokad memiliki sedikit bersifat pencahar. 
Jus Pepaya Kayu Manis
Bahan:
 150 gram pepaya matang pohon.  
     2 sendok makan air jeruk nipis.  
  1/8 sendok teh kayu manis bubuk.  
  1/8 sendok teh garam (jika suka).  
     1 sendok makan madu .
 125 cc air es.  
Cara membuat: Campur semua bahan kecuali kayu manis bubuk, lalu blender. Taburi jus dengan kayu manis bubuk, lalu minum selagi dingin.

*Anemia. Badan lesu, lemah, mudah lelah, pucat, dan pusing adalah tanda-tanda kekurangan hemoglobin (Hb) di dalam sel-sel darah merah alias anemia. Jenis buah yang bisa meningkatkan Hb adalah bit dan anggur berwarna gelap seperti anggur merah dan anggur ungu. Kedua jenis buah ini kaya akan kandungan zat besi yang berguna untuk mendukung proses regenerasi sel darah merah dan menyuplai oksigen ke dalam sel-sel darah merah.
Shake Bit Anggur Merah
Bahan:
100 gram bit, dipotong-potong.  
100 gram anggur merah.  
100 gram es serut halus.  
Cara membuat: Campur semua bahan, lalu blender. Minum selagi dingin.

*Tekanan darah tinggi.Tekanan darah Anda tergolong hipertensi jika di atas angka normal (120-130 mmHg untuk tekanan sistolik dan 80-90 mmHg untuk tekanan diastolik). Jenis buah yang berguna untuk mengatasi kondisi ini antara lain adalah belimbing, mentimun, dan wortel.  
Jus Belimbing Wuluh Seledri
Bahan:
100 gram belimbing wuluh.  
100 gram seledri batang besar.  
125 cc air matang.
100 gram es serut.  
Cara membuat: Blender semua bahan, lalu hidangkan dengan es batu.

Jus ini tidak boleh untuk balita karena rasanya terlalu asam bercampur pahit. Boleh untuk ibu hamil, asalkan tidak menderita sakit maag.

Terapi Jus: Diare, Batuk, Lelah dan Lesu
Terapi Jus: Sakit Kepala, Nafsu Makan, dan Mata




 



Artikel Rekomendasi

post4

10 Cara Ajak Balita Cinta Bumi!

Kita semua perlu peduli dan mencintai lingkungan, termasuk si balita juga bisa! Apalagi anak-anak adalah generasi penerus yang akan hidup lebih panjang menikmati bumi yang indah. Apa yang bisa Anda aj... read more