Berlatih Menulis dengan Permainan

 

Dalam melatih balita menulis, rancanglah sejumlah permainan yang menyenangkan. Mengingat, melalui cara inilah anak belajar. Carilah cara yang tidak memudarkan kemauan berlatihnya.

John Worobey, Ph.D, psikolog perkembangan dan pendidik anak usia dini dari Rutgers University, Amerika Serikat, menyarankan beberapa cara yang untuk menyokong keterampilan anak menulis.
  • Saat Anda menulis daftar belanjaan, misalnya, minta anak Anda mengikuti. Cara ini membuat anak menyadari pentingnya keterampilan menulis dalam kehidupan sehari-hari. Tentu, Anda perlu membuat tulisan sejelas dan sebesar mungkin, agar mudah diikuti anak.
  • Bermain dengan huruf magnet. Ini dilakukan untuk melatihnya menulis dan mengeja. Atau, Anda dapat memberinya majalah atau buku anak-anak yang memuat tugas menulis.
  • Buat agar aktivitas ini tidak membosankan anak. Misalnya, menyatukan titik-titik yang berbentuk huruf. Pilih pensil berwarna atau krayon warna merah untuk huruf A, warna biru untuk huruf B, dan lainnya. Cara ini membantunya mematuhi aturan dan mengajarkan ketelitian.

 

Artikel Rekomendasi

post4

Buku Pertamanya

Mengenalkan buku pada anak sejak dini memiliki banyak manfaat. Dari sebuah buku, si kecil dapat melihat dunia lebih luas.... read more

post4

Alihkan Balita dari Gadget

Orang tua Anda baru saja membelikan tablet untuk balita Anda. Dalam sekejap si kecil handal memainkan segala jenis permainan pada gadget. ... read more