Bermain Piramida makanan

 

Kenalkan balita tentang nutrisi makanan lewat permainan piramida makanan berikut ini. Ajak Ayah ikut bermain bersama!

Piramida makanan merupakan pedoman untuk menyediakan gizi seimbang. Dalam piramida itu, posisi dan jumlah makanan disusun sesuai dengan kebutuhan tubuh. Karbohidrat menempati bagian paling bawah dan paling besar karena dibutuhkan untuk tenaga, disusul buah dan sayur, lalu makanan yang mengandung protein daging, ayam, ikan susu dan sejenisnya. Sedangkan garam, gula, dan lemak menempati kerucut karena tubuh tak begitu membutuhkannya.

Yang dibutuhkan: Crayon atau pensil warna dan lembaran mewarnai piramida yang bisa Anda peroleh dari internet. Kata kuncinya adalah “food pyramid coloring pages”. Anda akan menemukan bermacam-macam website yang menyediakan lembar gambar piramid makanan hitam putih untuk dicetak dan siap diwarnai.

Caranya: Ajak anak mewarnai gambar aneka bahan makanan yang ada dalam gambar piramida makanan. Tanyakan padanya bahan makanan apa yang pernah dia makan dan  mana yang belum lalu ajak dia untuk  mencobanya.  

Bermanfaat untuk: Memperkenalkan beragam jenis bahan makanan pada anak, dan melatihnya mengungkapkan perasaan terhadap makanan

 

Artikel Rekomendasi