9 Cara Seru Mengenalkan dan Mengedukasi Cinta Tanah Air pada Anak

 

Fotosearch
Lewat barang-barang maupun kegiatan yang mudah ditemui sehari-hari, kita bisa mengenalkan dan menanamkan kecintaan kepada Indonesia kepada anak. Siapkan bekal pengetahuan Anda terlebih dulu, untuk mantap menjawab tiap pertanyaannya, ya!
 
1. Uang
Tidak masalah bila sesekali Anda mengeluarkan pecahan uang dan mengenalkan Rupiah pada anak sebagai alat tukar yang sah di Indonesia. “Lihat, di sini ada gambar wajah Presiden Indonesia yang pertama. Namanya Bapak Soekarno, beliau salah satu orang Indonesia yang hebat!
 
2. Bendera Merah Putih
“Bendera Indonesia warnanya merah dan putih. Merah berarti “berani”, putih berarti “suci”. Kita orang Indonesia harus menjadi orang yang berani dan suci atau baik hati, ya, Nak”.   Katakan ini pada si kecil, sebagai filosofi sederhana namun bermakna, saat memasang bendera pada Bulan Agustus.
 
3. Destinasi liburan
Kerap lebih mudah mengenalkan anak pada sesuatu, manakala ia mengunjungi dan melihatnya langsung. “Nak, kita sekarang sedang berlibur di Bali. Pulau ini adanya di Indonesia juga,   sama seperti kota kita (sebutkan kota tempat tinggal Anda). Lihat pantainya, indah, kan?  Negara kita memang banyak memiliki tempat-tempat yang indah!”  
Siap-siap saja si kecil minta mengunjungi wilayah lainnya di Tanah Air!
 
4. Lagu
Kenalkan juga anak pada Indonesia, dengan menyanyikan lagu-lagu anak Indonesia seperti lagu Hati Gembira karya Ibu Sud, lagu nasional Indonesia Raya, atau lagu daerah seperti Cublak-cublak Suweng dari Jawa Tengah. Jangan lupa mengartikan syairnya pada anak.
 
5. Dongeng 
Sebelum tidur, ceritakan dongeng anak Indonesia pada anak, misalnya Si Kancil yang Cerdik. Pada akhir cerita, sampaikan, kancil atau pelanduk itu hewan asli Indonesia. Ia berasal dari Pulau Sumatera, bentuknya kecil, berkaki empat, dan makannya  tumbuh-tumbuhan. Selain kancil, hewan asal Indonesia lainnya harimau, orangutan, dan komodo.

6. Makanan 
"Rasanya unik, bentuknya lengket seperti lem, tapi enak sekali bila dimakan pakai kuah ikan kuning. Makanan asli Indonesia ini namanya papeda dari Maluku dan Papua," tutur Anda pada anak, ketika berkesempatan menyicipi Papeda. Ceritakan pula tentang negeri ini ketika Anda dan ia makan dodol Garut atau mpek-mpek Palembang.  

7. Baju adat
Anak akan berbaju nasional pada karnaval Tujuh Belasan? Itu kesempatan mengenalkan Indonesia padanya! Sampaikan kekayaan Indonesia yang memiliki banyak baju adat dari berbagai daerah. Ada baju kurung Sumatera Barat, kebaya  Sunda, rok rumput suku-suku di Papua, dan sebagainya.  "Baju adat yang kamu pakai ini namanya Baju Bodo, dari Makassar, Sulawesi Selatan, salah satu provinsi di Indonesia. Bodo artinya “lengan pendek”. Cantik, kan?" Saat berbaju batik, sampaikan juga pada anak batik itu Kain Nasional.

 8. Bahasa 
“Bunda tadi ngomong apa sama datuk?” tanya anak ketika  mendengar Anda bertelepon dengan kakeknya.
“Itu Bahasa Padang, Nak. Bunda dan datuk kan, orang Padang,  jadi sekali-sekali omong Bahasa Padang.
“Bunda orang Padang atau orang Indonesia, sih?”
“Orang Indonesia, tapi sukunya Padang. Di Indonesia banyak suku-suku, Nak. Indonesia, kan, negara yang kaya.”
 
9 Mainan
Si kecil boleh punya banyak mainan moderen, tapi kenalkan ia pada Tanah Airnya lewat 1-2 mainan tradisional sesuai umur. Misalnya mobil-mobilan dari kulit jeruk Bali untuk si batita, atau congklak untuk si prasekolah.  Ajarkan ia pelan-pelan cara bermainnya, dan “promosikan” bahwa semua anak Indonesia musti kenal main congklak!

Baca Juga

Belajar dari Perayaan 17 Agustus
Merayakan Kemerdekaan di Macanegara

 

 

Artikel Rekomendasi

post4

Buku Pertamanya

Mengenalkan buku pada anak sejak dini memiliki banyak manfaat. Dari sebuah buku, si kecil dapat melihat dunia lebih luas.... read more