>

Balita Batuk Berkepanjangan

 

Tanya: Balita saya berusia 5 tahun mempunyai catatan medis terkena flek di usia 6 bulan. Ia sudah menjalani pengobatan selama 6 bulan dan sudah sembuh. Ia tidak batuk lagi dan berat badan ideal. Namun baru-baru ini balita saya menderita batuk yang berkepanjangan sampai sekarang.

Batuknya hilang-muncul-hilang. Saya sudah coba obati ke dokter spesialis, namun sampai sekarang tidak sembuh juga. Obat yang diberikan : - Meptin - Longcef - Antibiotik - Puyer (racikan) - Histrine (cetirizine Hcl). Apa tindakan yang harus saya lakukan? Apakah obat tersebut boleh saya beli di apotik dan aman untuk balita saya?

Jawab: Dari keterangan yang Ibu berikan, sepertinya ada kecenderungan alergi pada balita. Coba digali lagi pada riwayat keluarga, adakah alergi/asma pada keluarga suami/istri. Anak dengan flek paru jarang sekali batuk-batuk, seringkali nafsu makan berkurang dan berat badan tidak naik-naik. Yang penting pada penanganan alergi adalah mengenali faktor-faktor apa saja pemicu alergi pada anak sehingga dapat dihindari. Beberapa faktor pemicu alergi seperti debu, bahan-bahan berbulu, asap, rokok, obat nyamuk, dan sebagainya.

Dr. Arti Kusumawati, Sp.A
RSIA Hermina Tangerang

Artikel Rekomendasi