Bayi Sering Cegukan

 

Tanya: Bayi perempuan saya yang dapat ASI ekslusif kerap mengalami cegukan yang bisa berlangsung beberapa menit. Apa yang terjadi dengannya? Bagaimana menghentikan cegukan itu? Saya kuatir dia tersedak jika cegukan saat minum ASI, atau dia merasa kelelahan karena cegukannya tersebut.

Jawab: Cegukan terjadi karena ada rangsangan pada diafragma, yakni penyekat antara rongga perut dengan rongga dada. Ini akibat adanya udara dalam lambung. Sebetulnya hal ini biasanya dialami bayi yang minum susu dari botol karena ada udara yang ikut terhisap bayi. Pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, biasanya jarang sekali terjadi cegukan. Karena seharusnya tidak ada udara yang masuk ke dalam lambung.

Kalau anak Anda yang dapat ASI eksklusif cegukan, mungkin karena cara menyusui yang kurang benar. Misalnya, pada waktu menyusui, puting kurang masuk ke mulut bayi atau posisi bayi tidak berada dalam garis lurus dengan lengan bayi. Serta perut bayi tidak berhadapan dengan perut ibu sehingga ada udara yang masuk terisap.

Jadi, cegukan dapat dihindari dengan cara menyusui yang benar dan menyendawakan bayi setelah disusui. Begitu pula menghentikannya, dapat dengan cara menyusuinya. Atau dapat pula dengan menelungkupkan bayi dipangkuan Anda lalu mengelus punggungnya dari bokong ke arah kepala.

 

Artikel Rekomendasi

post4

Balita Tuberkolosis

Anak saya (2,5 th), perawakannya kecil, kurus, sering batuk pilek dan didiagnosia menderita TB. Benarkah diagnosa ini, karena belum dilakukan pemeriksaan laboratorium atau rontgen.... read more

post4

Tanya-Jawab: Balita Susah Tidur

Tidur merupakan salah satu stimulus agar tumbuh kembang anak berlangsung optimal. Karena, selain tubuhnya bisa beristirahat, pada waktu tidur terjadi maturasi (proses menjadi matang) sel-sel saraf ota... read more