Nafsu Makan Balita Aktif

 

Tanya: Anak laki-laki saya (2) sulit makan dan hanya mau minum susu (3 kali @ 250 ml). Padahal dia sangat aktif, tidak betah duduk diam dan senang lari. Beratnya saat ini 11 kg dan tinggi 79 cm. Makanan seperti apa yang sebaiknya saya berikan padanya? Apakah perlu diberi suplemen penambah kalori atau nafsu makan?  

Jawab: Berat  badan (BB) anak Anda kurang 1 kg. Menurut rumus BB anak usia 1-6 tahun, yakni 2n + 8 di mana n adalah umur, seharusnya BB anak Anda 12 kg. Untuk itu,  pola makannya harus diperbaiki agar kebutuhan gizinya terpenuhi dengan baik. Caranya adalah:
  • Kenalkan aneka jenis makanan. Bisa dilakukan sejak anak usia 1 tahun dengan memberikan makanan keluarga namun dipilih yang tidak pedas. Jangan putus asa kalau dia tidak mau makan makanan yang Anda berikan. Ganti dengan apa yang dia mau, yang penting dia harus makan. Upaya ini memang perlu kesabaran dan kreativitas Anda. Alternatif lain, beri dia makanan lengkap gizi (one dish meal).
  • Biasakan makan pada jam makan, yaitu pagi, siang dan malam. Hal ini mungkin sudah Anda latih pada usia sebelumnya, namun kini perlu lebih Anda berdua patuhi.
  • Ajak anak makan bersama orang tua supaya melihat apa yang dimakan orang tua dan tertarik mencobanya. Kebiasaan ini sekaligus mengajarkan pola makan keluarga, yakni harus makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan sore dan malam.
  • Anak di atas 1 tahun sebaiknya diberi susu maksimal 2 gelas/hari, yakni saat bangun tidur dan akan tidur malam. Kenyang minum susu bisa membuat Anda tidak mau makan. Upaya pengurangan frekuensi minum susu ini akan menimbulkan rasa lapar. Bila dia minta susu karena lapar, jangan Anda penuhi permintaannya. Berikan makanan. Susu saja tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk anak tumbuh dan sehat.
  • Jika anak cukup mengonsumsi makanan yang seimbang, dia tidak perlu diberi suplemen. Lebih baik, biasakan anak makan makanan bergizi seimbang yang diberikan sejak anak bangun pagi sampai tidur malam.

 

Artikel Rekomendasi