AQUARIUS
20 Januari - 18 Februari

Ayah aquarius terlalu memikirkan diri sendiri. Akibatnya dia sulit mendapat bantuan dari orang lain secara sukarela.  Terlalu memikirkan diri sendiri akan   berpengaruh buruk bagi  keluarga termasuk anak. Dalam situasi tertentu mementingkan diri sendiri boleh saja. Tapi ketika berada di tengah keluarga, ayah aquarius  jadi tampak tak bertanggung jawab. Padahal dia harus mendidik anak dan membantu ibu agar lebih nyaman berada di dekatnya.  Ayah yang melulu memikirkan diri sendiri akan membuat anak menjadi liar dan brutal karena anak tidak punya pegangan dan sandaran untuk mengatasi kesulitan.  Ayah aquarius tidak berhak menuntut anak untuk menghormati dirinya  jika ayah tidak bisa membangun komunikasi yang baik.   
Ibu, lihatlah situasi dengan jernih. Jangan selalu mengikuti alur ayah karena  anak akan semakin terhimpit.  Bantu ayah untuk merubah diri. Bila ayah tidak mau berubah, anak akan menyimpan kemarahan sampai dia besar, yang dapat mengikis rasa hormatnya pada sang ayah. Selalu ingatkan ayah untuk mendahulukan kepentingan anak, bukan kepentingan dirinya saja.

SCORPIO
23 Oktober - 21 November

Ayah scorpio  pediam dan sulit  memulai pembicaraan.   Tentu saja ini memicu timbulnya masalah dalam keluarga. Ayah scorpio dianggap tidak punya perhatian terhadap anak. Padahal, meski pendiam dia memerhatikan anak, hanya saja tidak dengan kata-kata tapi dengan tindakan. Kalau anak menginginkan sesuatu, ayah langsung memenuhinya tanpa bicara lebih dulu pada anak.   Ini menjadi masalah karena anak sebetulnya berhak ditanya dan menentukan pilihannya. Ayah harus merubah diri. Kembangkan kemampuan bicara, karena segala sesuatu harus dibicarakan agar semuanya menjadi jelas. Komunikasi yang baik dapat mencegah timbulnya masalah dengan keluarga.
Peran ibu dibutuhkan  untuk menjembatani  keinginan anak. Ibu harus selalu berusaha  untuk menyatukan keinginan anak dan ayah.

SAGITARIUS
21 November - 22 Desember

Ayah sagitarius punya sikap yang tegas dan prinsip yang kuat. Tidak ada kata maaf untuk setiap kesalahan.  Ayah sagitarius sulit dibohongi karena segala sesuatu tampak jelas di matanya.   Bagi ayah sagitarius, kesalahan tak perlu terjadi kalau memang melakukan hal yang benar. Kesalahan harus diperbaiki. Kalau tidak, ayah sagitarius akan semakin sulit memaafkan.  Anak yang menghadapi ayah sagitarius harus lebih banyak berkomunikasi atau  banyak bertanya untuk mengurangi kesalahan  atau kesalahan yang terjadi bisa segera diperbaiki.
Peran ibu dibutuhkan untuk   menjelaskan kepada anak bahwa ketegasan ayah adalah untuk kebaikan anak.  Ibu harus selalu meminta pengertian ayah bahwa tidak semua anak sama. Sifat, kepandaian, keinginan dan harapan  setiap anak berbeda. Bila ayah memahami anak, anak pun akan berusaha memahami keinginan ayah yang menuntut disiplin, tegas dan berprinsip.  Sikap ayah sagitarius membekali anak dengan keberanian menghadapi kesulitan dan bertanggung jawab pada diri sendiri. 


CAPRICORN
22 Desember - 19 Januari

Ayah capricorn cukup gaul.  Artinya bisa menempatkan   diri pada situasi apapun, sehingga bisa menjadi dekat dengan anak dan istri. Boleh saja bisa menempatkan diri dalam berbagai situasi, tapi jangan lupa bahwa Anda juga perlu dihormati oleh anak.  Anak yang sulit bergaul akan merasa senang punya ayah capricorn. Anak merasa terbantu ketika harus memulai berteman. Ayah capricorn juga membantu anak jadi lebih mudah berkomunikasi. Jangan lupa, anak juga butuh disiplin.    Ayah harus bisa tegas  mendisiplin dan jangan selalu ingin mengetahui masalah anak kalau anak tidak minta pendapat ayah. Bisa-bisa Anda dicap sebagai ayah yang suka ?icam? alias ikut campur.
Peran ibu, jangan menuntut ayah untuk selalu bersikap tegas.  Sah-sah saja kalau anak sesekali belajar sambil bercanda.   Ibu harus bisa memberikan masukan kepada ayah bila sudah saatnya memberi batasan pada anak. 

PISCES
19 Februari - 20 Maret

Ayah pisces  terlalu tegas dan  suka menyombongkan diri. Sikap tegas itu baik asalkan  fleksibel dan memahami kondisi anak. Sikap tegas ayah, baik untuk kepentingan anak, terutama dalam menjalani pendidikan di sekolah yang menuntut disiplin. Tetapi sikap sombong adalah sikap yang kurang baik untuk menjadi panutan anak.  Sombong punya anak pintar, sombong punya kehidupan yang baik,  mewarnai pergaulan ayah.  Kalau anak  mengikuti dan mengadopsi sifat ayah yang seperti ini, lambat laun dia akan kehilangan teman dan menjadi bahan olok-olok.  Apalagi bila anak tidak punya disiplin dan tidak pandai, dia akan semakin sulit bergaul dan mengembangkan bakatnya.  Ayah harus merubah diri,  menghilangkan sifat sombong. 
Ibu harus punya kesadaran akan situasi ini agar ibu bisa membantu merubah keadaan. Dengan kesabaran dan komunikasi yang baik dengan ayah dan anak, semua akan berjalan dengan baik. 

ARIES
21 Maret - 19 April

Ayah aries cukup tegas dan  menuntut disiplin di segala situasi.  Segala sesuatu harus mengikuti keinginannya.   Ketegasan tanpa alasan dapat menjadi   bumerang.  Anak  merasa takut dan tidak nyaman.   Ayah harus bisa membaca stuasii dan kondisi psikologis anak, jangan memaksa anak untuk mengikuti kehendak ayah semata. Kalau ayah bisa membaca situasi anak, akan terjadi keselarasan  antara anak dan ayah. Ini akan menjadi nilai plus untuk keluarga  sehingga keluarga ayah tidak dianggap sebagai keluarga yang tegas tapi hasilnya nol. 
Ibu,   punyalah inisiatif  untuk menjelaskan kepada anak maksud dan tujuan ayah menuntut disiplin tegas. Ibu juga harus peka, harapan anak terhadap ayah dan  lingkungannya. Jangan sampai  ibu tidak bisa menjaga kedua belah pihak, karena akan menyulitkan ibu  untuk keluar  dan berkomunikasi dengan ibu-ibu lain. Ibu sebaiknya selalu berpikir positif dan berani bersikap terhadap ayah dan anak bila mereka sudah kelewat batas. 

TAURUS
20 April - 20 Mei

Ayah taurus  cenderung tertutup sehingga sulit menerima harapan dan keinginan anak dan ibu.  Kondisi ini akan menimbulkan masalah dan akan semakin rumit jika ayah terus menutup diri. Menutup diri dari orang yang selalu ingin ikut campur boleh saja, asalkan tidak terhadap keluarga.   Karena hanya keluarga yang  bisa memahami dan mau membantu   kesulitan yang dihadapi ayah. Anak butuh kasih sayang, bimbingan dan pendampingan dalam segala hal, termasuk ketika bermasalah dengan ibunya. Kalau ayah bersikap tertutup, ayah takkan dapat membantu anak. Ayah, jangan biarkan anak menghadapi masalahnya sendiri. Anak butuh bantuan agar tidak terpuruk ketika gagal mencoba mengatasi masalahnya.  Ayah yang tertutup  tidak akan dapat menjadi panutan anak.  
Ibu, bantu  ayah berubah dan bantu anak memperoleh yang dia inginkan selama keinginanya dapat dipenuhi oleh ayah dan ibu.  Jangan sampai anak selalu membandingkan keluarganya dengan keluarga lain yang lebih mampu, untuk membuat ayah dan ibu jadi pusing tujuh keliling. 

GEMINI
21 Mei - 20 Juni

Ayah gemini adalah ayah yang  penyayang dan penyabar. Anak  sangat berbahagia punya ayah gemini karena selain sabar dalam menghadapi berbagai rintangan, ayah juga sabar dalam mendidik anak. Ayah gemini selalu dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Kelemahannya, ayah  terlalu percaya sehingga sifat ini selalu dimanfaatkan  oleh anak dan  ibu. Kesabaran ayah dapat membuat anak dan ibu melihat ketulusan ayah, sehingga mereka semakin sayang.   Meski ayah terlalu percaya, semua bisa terkendali dan ayah tahu mana yang baik dan tidak. Hati-hati, ayah yang terlalu sayang anak cenderung membiarkan dirinya dimanfaatkan oleh anak. Ini membentuk perilaku buruk pada anak. Anak akan tumbuh menjadi orang yang selalu ingin memanfaatkan orang lain dan bisa memanfaatkan orang lain untuk hal-hal buruk. Ayah, cintailah anak dengan memberinya tanggung jawab, jangan biarkan anak selalu membantah atau menentang Anda.
Ibu,   coba lebih jeli  melihat kebaikan dan keburukan anak. Bersikaplah lebih tegas dari  ayah bila ayah terlalu memanjakan anak, misalnya membiarkan anak melakukan kesalahan atau melanggar disiplin. Bila dibiarkan,  anak akan rentan terhadap kritik, sulit meminta  maaf dan tidak mau memperbaiki diri.  


CANCER
21 Juni ? 22 Juli

Ayah cancer punya karakter yang baik dan  ramah. Ibu dan anak diperlakukan sebagai teman, sehingga kadang-kadang kesulitan membuat batas.   Ayah yang bisa  menjadi teman bagi  anak akan membuat suasana keluarga menjadi nyaman dan bersahabat. Saat menghadapi masalah, ayah tidak melihatnya sebagai masalah, tetapi dikemas menjadi hal menarik untuk bahan diskusi atau obrolan. Ini membuat suasana keluarga menjadi rileks dan tidak berkerut kening memikirkan solusinya.  Ayah cancer dicintai anak karena ayah  mau  membantu memberikan masukan pada anak yang  butuh bantuan. Jangan bohongi  anak saat ayah tak dapat memenuhi keinginannya. Anak yang merasa sangat kecewa akan mundur, tak mau menjadi teman. Malah akan menjadi lawan yang  selalu bertengkar karena suatu keinginan.
Ibu, ingatkan ayah agar selalu menepati janji.  Ingatkan ayah juga bahwa kedekatannya dengan anak jangan sampai mengganggu tanggung jawabnya terhadap anak dan tanggung jawab anak terhadap ayahnya, agar tercipta keadilan. Dengan demikian tercipta keluarga yang harmonis tanpa mengurangi rasa hormat anak pada orang tua. Ibu harus menjaga sikap tegas dan  menjaga komunikasi yang baik dengan ayah dan anak.

LEO
23 Juli - 22 Agustus

Ayah leo  bersikap terlalu cuek alias masa bodoh. Ini terjadi  karena ayah tak mau memikirkan keadaan sekitarnya atau tak mampu  menciptakan suasana keluarga menjadi ceria, penuh canda dan tawa. Sikap ayah ini bisa memupuk rasa benci dalam diri anak dan  ibu. Harapan ibu dan anak agar ayah peduli pada keluarga, jadi pupus.    Sikap  masa bodoh ayah juga termasuk dalam hal   berpakaian. Bayangkan bila ayah yang saat di rumah hanya mengenakan celana kolor dan telanjang dada ? juga saat di meja makan -  tentu bukan ayah yang pantas jadi panutan. Anak akan menjadi benci bila ayah terus bersikap demikian karena ayah tidak bersikap  seperti ?yang diajarkan di sekolah.?   Anak  akan menilai dengan membandingkan ayahnya dengan ayah lain   yang siap membantu anak dalam kesulitan, memberikan kasih sayang, memenuhi kebutuhan dan selalu tersenyum sejak anak membuka matanya di pagi hari. 
Ibu, jangan beri ayah peluang  untuk  bersikap   masa bodoh terhadap keluarga. Minta ayah berkomitmen untuk  berubah agar seluruh keluarga merasa nyaman menjalani kehidupan. Bila ibu sudah tegas tapi ayah tetap tak peduli, minta anak untuk  berbicara pada ayahnya dengan sopan. Misalnya, ?Ayah, kalau mengantar kakak ke sekolah, jangan pakai sarung dong. Kakak malu, lho.?   Kalau tidak mempan juga, komunikasikan secara terbuka, apa yang membuat ayah  sulit berbagi cinta pada keluarga. Dengan komunikasi terbuka, setiap masalah bisa diselesaikan dengan aman.

VIRGO
23 Agustus - 22 September

Ayah virgo yang perfeksionistis,  dikombinasi dengan disiplin yang tinggi dan tegas. Sikap  seperti ini  mudah memancing emosi, baik bagi ayah maupun bagi anggota keluarganya.  Bila ayah tidak bisa mengendalikan situasi, ayah cenderung ?ketok palu?    untuk membuat keputusan akhir agar semuanya bisa cepat selesai. Padahal, kadangkala  bukannya selesai tapi malah memperpanjang masalah dan menimbulkan rasa takut pada anak.  Sikap tegas dan disiplin tentu saja baik, karena anak punya rambu bagi perilakunya. Hanya saja penerapannya haruslah dengan cara damai atau lembut. Hindari menuntut anak untuk selalu sempurna menurut ukuran ayah, agar anak tidak merasa frustasi.
Ibu, sabarlah dalam memberikan pandangan yang berbeda kepada ayah, saat ayah menuntut segalanya sempurna. Untuk mendamaikan ayah dan anak,   jangan pernah berhenti untuk selalu memberikan jalan keluar  bagi anak dan ayah.

LIBRA
23 September - 22 Oktober

Ayah libra tidak punya karakter khusus. Dia lebih suka segala sesuatu mengalir dan tak ingin memaksakan diri untuk seperti orang lain.  Prinsipnya, ?biarkan segala sesuatu mengalir.? Ayah libra adalah kepala keluarga yang santai,    tidak serumit ayah  lain. Dalam mendidik anak, ayah libra tidak membebani pikiran dan emosi. Ibu yang sudah pusing dengan  urusan rumah, sekolah anak, pekerjaan kantor dan lingkungan, merasa nyaman mendapat  bantuan dari ayah libra yang mudah menyesuaikan diri.  Ayah libra   bisa menerima keadaan rumah apa adanya dan lebih mementingkan kesejahteraan anak, sehingga suasana keluarga terasa santai. Anak senang berdekatan dengan ayahnya dan terbuka tentang apa saja. Sikap ayah libra  mendorong anak  untuk berpikir positif dan berjiwa sosial. 
Ibu,  dukung sikap ayah yang penuh damai ini. Anak-anak cukup terbantu membentuk irama hidupnya, sehingga ibu tak perlu repot menyuruh anak untuk menjalani disiplin. Anak perlu diyakinkan bahwa sikap ayah adalah demi kebaikan mereka. Di lain pihak, ayah libra juga yakin bahwa dengan caranya itu, segala sesuatu bisa berjalan mulus.

Artikel Rekomendasi