Melatih Anak Kidal Menulis

 

Tantangan untuk mengasuh anak kidal sebenarnya terjadi ketika ia mulai belajar menulis. Bila si tangan kanan menulis dengan menyeret pensil di atas kertas dan meninggalkan jejak tulisan, maka anak kidal mendorong pensilnya di atas kertas dan mendorong tangannya di atas jejak tulisan.
  • Perhatikan bagaimana ia memegang pensil, ajarkan ia untuk memegang pensilnya sekitar 2,5 cm lebih tinggi dari ujung pensil. Ibu jari dan jari tengah menahan kedua sisi pensil, sementara jari telunjuk berada di sisi atas.
  • Lihat postur tubuh anak ketika memegang pensil. Arahkan ujung pensil (bagian yang ada penghapus) menunjuk ke bahu dan pergelangan tangan tetap di permukaan meja. Usahakan agar lengan, dari ibu jari hingga siku berada dalam satu garis lurus.
  • Perhatikan juga posisi kertas saat ia menulis. Seperti halnya posisi menulis si tangan kanan, pada si tangan kiri pun, kertas diletakkan di sisi kiri sebelah atas.
  • Sediakan kursi dan meja yang nyaman untuk menulis, pastikan kursi tidak terlalu tinggi sehingga memungkinkan anak untuk meletakkan kakinya di lantai tanpa menjinjit. Tinggi meja juga tidak terlampau tinggi dari siku dan bisa menyangga tangannya tanpa ia harus meninggikan atau membungkukkan bahu.(me)
Baca juga:
Anak Kidal Jangan Dipaksa Berubah
Berlatih Menulis dengan Permainan
Mengajarkan Balita Membaca, Menulis dan Berhitung

 

Artikel Rekomendasi