>

Mainan Pemicu Perkembangan Bayi 9-12 bulan

 

Perkembangan otak bayi yang sudah menginjak usia 9-12 tahun makin pesat. Rangsang terus perkembangan otak bayi Anda dengan permainan berikut.
 
Bermain cilukba. Kata "cilukba" bisa ia lafalkan dengan cukup baik. Sekarang ia tak hanya menggunakan kedua telapak tangan untuk menutupi wajah. Ia memakai benda lain seperti selimut maupun bantal kecilnya. Kepercayaan dirinya bertambah saat ia bisa membuat Anda tertawa ketika bermain cilukba dengannya.

Bermain rattle. Bayi Anda mulai kuat menggenggam rattle. Dia sadar bisa membunyikan bermacam irama dari rattle ini. Terbukti dari aneka variasi goyangan tangannya, ke atas, ke kanan dan ke kiri. Ia semakin asyik bermain sembari memamerkan keahlian barunya.

Bermain gebuk drum. Bagai drummer kawakan, ia mulai beraksi. Ia semakin terampil memakai stik drumnya. Koordinasi kedua tangannya bisa diacungi jempol. Kepalanya mengangguk-angguk mengikuti ritme pukulan-pukulannya. JIka Anda mendengarkan lagu, ia bisa-bisa ikut mengiringi lagu dengan tabuhan drumnya.

Bermain bola. "Ini dia calon pengganti Cristiano Ronaldo!". Jagoan cilik Anda senang mendorong-dorong bola dengan salah satu kakinya sambil sesekali tangannya direntangkan seolah mencari pegangan untuk menjaga keseimbangannya. Koordinasi antara kaki kiri dan kanan bisa ia kontrol. Meski belum bisa sesuai. Walau arah bola kerap melenceng, tapi ia sangat menikmati bermain bola.
 
Bermain telepon mainan. "Alo..alo..," ucapnya saat mengangkat gagang telepon ke dekat mulutnya. Anak mulai mengerti cara bermain telepon mainan. Tentu ia meniru Anda, buktinya ia bergaya seperti Anda. Apalagi keahlian barunya mengoceh dan sedikit demi sedikit bicara beberapa suku kata, anak pun mengoceh di gagang teleponnya.

 

Artikel Rekomendasi