>

Bayi Lahir Lewat Waktu

 

Waktu kelahiran normal bayi adalah 38-40 minggu. Jika bayi lahir lewat dari waktunya tersebut, dapat menyebabkan bayi mengalami Meconium Aspiration Syndrome (MAS), yaitu gangguan serius pada sistem pernapasan bayi baru lahir.

Melahirkan secara alami atau normal, memang idaman banyak ibu. Namun apabila kondisi tidak memungkinkan, jangan paksakan. Karena jika proses persalinan Anda berlangsung lama, dapat menimbulkan komplikasi pada bayi, salah satunya adalah MAS ini.

Bayi yang lahir lewat waktu dan mengalami MAS, biasanya mengalami gangguan serius pada sistem pernapasannya akibat menghirup mekonium (feses pertama bayi) ke dalam paru-parunya. Mekonium ini bisa terhirup sebelum atau selama proses persalinan.

Ada beberapa penyebab bayi lahir dengan MAS:
  • Kehamilan lewat bulan atau usia kehamilan lewat dari 40 minggu.
  • Proses persalinan yang lama, yakni lebih dari 24 jam atau proses persalinan tahap pertama lebih dari 12 jam.
  • Bayi terlalu besar dan tidak dapat lahir melalui rongga panggul ibu.
  • Janin mengalami kekurangan oksigen selama masa kehamilan karena ibunya memiliki kebiasaan merokok, bekerja terlalu berat, atau menderita penyakit kencing manis dan pre-eklampsia, maupun eklampsia.

Jika bayi mengalami stres atau kekurangan oksigen selama dalam kandungan atau ketika proses persalinan, maka saluran pencernaan bayi akan berkontraksi mendorong mekonium ke luar dari anus dan mengotori cairan amnion. Akibatnya, mekonium terhirup bayi dan mengotori paru-paru serta menyumbat saluran pernapasan. Bila tidak mendapat penanganan yang tepat dan cepat, kondisi ini dapat berakibat fatal

 

Artikel Rekomendasi