>

Cerdas Motorik Bayi 0-2 Bulan Lewat Bermain

 

Bayi baru lahir hingga usia 2 bulan sangat menikmati permainan bersama ayah dan bundanya. Kecerdasan motoriknya pun berkembang pesat.

Anda berdua pasti ingin memberikan stimulasi yang tepat agar segenap potensi kecerdasan bayi Anda berkembang optimal. Caranya? Tak perlu repot. Sering-seringlah mengajak bayi Anda bermain.

Ya, bermain memang sangat membantu bayi mengembangkan segala potensinya. Termasuk, keterampilan motoriknya, baik itu motorik halus maupun motorik kasar. Asyik kan... sambil bermain, Anda bisa mengasah kecerdasan kinestetik bayi.

Anda mungkin belum bisa memberikan benda apa pun untuk dimainkan bayi yang baru lahir hingga usia 2 bulan. Maklumlah, bayi kan masih dalam masa penyesuaian diri dengan lingkungan baru.

Gerakannya saat ini sebagian besar masih berupa gerak refleks (refleks mengisap, menggenggam, dan sebagainya). Untuk Anda tahu, otot-otot bayi baru lahir hingga 2 bulan masih lemah dan belum berfungsi dengan baik.

Permainan yang dianjurkan. Ajak bayi Anda melakukan permainan yang tidak menuntut aktivitas gerak. Anda bisa memasang poster gambar hitam-putih, mainan warna-warni yang digantung di boksnya, meniup wajahnya dengan sedotan, atau memperdengarkan musik sambil berdansa bersama bayi dalam dekapan Anda.
 

 

Artikel Rekomendasi