Jika Bayi Berliur Terus

 

Bayi dalam keadaan sehat, tapi ia berliur terus hingga bib-nya begitu cepat basah. Air ludah warna bening menetes-netes dari dalam mulutnya, terutama ketika ia bermain atau sedang bersemangat, meski saat tidur pun seringkali ia masih mengiler.

Apa yang terjadi? Aliran air ludah yang deras, seringkali merupakan awal peristiwa tumbuh gigi. Tapi pada banyak kasus, sering juga ini terjadi tanpa sebab. Gejala ini hampir terjadi pada setiap bayi, terutama menginjak bulan ketiga, dan merupakan kondisi yang normal.

Apa yang dilakukan? Tunggu saja periode ini berlalu. Selama itu, miliki banyak bib dan pastikan Anda cepat mengganti bib basah, sehingga air liur bayi tidak membasahi bajunya. Seka dan keringkan air liur yang jatuh ke leher, agar tidak memicu biang keringat. Bayi berliur terjadi dengan sendirinya, dan akan berhenti ketika bayi memasuki usia dua tahun. Dalam masa tumbuh gigi, banyak bayi senang mengunyah teether dari karet yang didinginkan terlebih dulu, finger food berupa potongan buah dingin, atau dipijat gusinya oleh tangan bunda yang sudah dilapisi kain lembut. (ME)

 

Artikel Rekomendasi