Lidah Bayi Putih

 

Istilah untuk menyebur kondisi mulut yang mengalami bercak berwarna keputihan, disebut oral thrust. Biasanya berawal dari permukaan lidah, lalu mengjalar ke selaput lendir di pipi sebelah dalam, daerah gigi geraham, langit-langit, gusi, tenggorokan, amndel, dan bisa mencapai saluran napas atas.

Rongga mulut bayi menjadi kering sampai menyebar ke sudut mulut serta muncul lapisan berwarna putih. Sebenarnya tidak terlalu berbahaya, tapi dapat menganggu proses pemberian ASI.

Penyebab. Bercak berwana keputihan ini merupakan selaput dari infeksi jamur, bercak putih ini bila berhasil dikelupas akan meninggalkan bekas berwarna merah meradang. Jenis jamur yang paling sering menjadi penyebabbkan adalah Candida Albicans. Infeksi ini bisa terjadi karena:
  • Rongga mulut dan lidah tidak dijaga kebersihannya.
  • Ada peradangan pada puting payudara ibu yang sedang menyusui.
  • Antibiotik yang dikonsumsi ibu sejak melhirkan hingga menyusui ikut membunuh bakteri normal sehingga mikroorganisme yang lain, termasuk jamur, berpeluang lebih besar untuk tumbuh.
  • Infeksi kuman dari tangan ibu akibat kurang menjaga kebersihan tangannya, sebelum menyusui atau menyiapkan susu formula.
  • Dot atau botol susu yang kurang bersih pada bayi yang diberi susu formula. (me)
Baca juga:
Menangani Lidah Putih Pada Bayi




 

Artikel Rekomendasi