Penyebab bayi cegukan

 

Cegukan pada bayi sebenarnya merupakan hal yang biasa dan dialami oleh hampir semua bayi, terutama bayi berusia di bawah 1 tahun. Cegukan merupakan salah satu gerakan refleks dari tubuh yang terjadi saat otot diafragma mengalami kontraksi atau pengencangan secara mendadak. Akibatnya udara tiba-tiba tertarik masuk lewat mulut dan menimbulkan suara ceguk.

Cegukan datang karena:
  • Bayi melakukan dua hal sekaligus. Misalnya bayi tertawa selagi minum.
  • Penurunan suhu yang menyebabkan bayi menjadi kedinginan, sehingga dapat memicu cegukan.
  • Tanda bahwa bayi sedang stress. Cobalah ingat-ingat lagi apa yang sebelumnya dialami si kecil.
  • Cara menyusui yang kurang tepat. Misalnya, puting kurang masuk ke mulut bayi, posisi bayi tidak berada dalam garis lurus dengan lengan bayi sehingga perut bayi tidak berhadapan dengan perut ibu. Akibatnya ada udara yang masuk terisap.
  • Bayi minum susu dari botol. Ada banyak udara yang ikut terhisap oleh bayi, apalagi jika lubang pada dot terlalu besar.
Perlu ke dokter? Tidak perlu! Namun, jika cegukan sudah tidak terkendali dan menyebabkan bayi muntah, batuk, rewel, atau tidak mau minum ASI, barulah bawa bayi Anda ke dokter. Saat cegukan ini menghambat masuknya ASI ke dalam tubuh bayi, maka bayi bisa saja kelaparan dan kurang cairan. (me)

Baca juga: Atasi bayi cegukan


 

Artikel Rekomendasi