5 Milestone Penting Pada Bayi

 

Bunda, 5 milestone ini penting untuk dilalui dalam setiap tahapan usia tumbuh kembang bayi. Cek pada bayi Bunda.
  • Kontak mata di usia 6-8 minggu. Kontak mata dilakukan bayi di usia 6 minggu. Ia akan mengamati Anda saat ia menyusu. Jarak yang begitu dekat antara dirinya dengan Anda, memudahkannya menatap mata Anda , seolah berkata “Hai, aku tahu kamu itu Bunda.”
  • Senyum pertama di usia 8 minggu. Gabungan antara perkembangan sosial dan kendali otot, membuat bayi Anda bisa tersenyum dengan sadar di usia 8 minggu. Wajah Adda yang dilihatnya dari jarak sangat dekat, membuatnya senang, dan tersenyum! Bila Anda membalas senyumnya, ia akan mengulangnya. Senyumnya sekarang bukan semata reflex senyum, tapi senyum yang lebih bermakna atau yang disebut senyum sosial.
  • Cooing/mendekut di usia 8 minggu. Tangis bukan lagi satu-satunya cara bayi bicara. Dia mulai bisa mendekut (cooing). Coba tatap mata bayi Anda, kemudian berbicaralah. Bayi Anda akan menanggapi omongan Anda dengan “aaaauuuhhh,” “ooooh,” dan tampak sangat serius bicara. Bayi mengeluarkan suara ini dari belakang tenggorokanya. Katakan pad abayi. “Ibu sedang menyiapkan stroller. Ini waktunya jalan-jalan ke taman. Kamu suka taman kan?” Waspada bila di usia 12 minggu bayi belum mulai mendeut, mungkin ada masalah dengan pendengarannya.
  • Babbling/meraban di usia 3-4 bulan. Babbling lebih mirip bunyi kata sesungguhnya; “mamama,” “tatatata,” “cacacaca.” Bunyi yang dihasilkan berasal dari penggunaan lidah dan bagian depan mulut. Bukan suara tenggorpkan.
  • Meraih dan memegang di usia 5-7 bulan. Koordinasi tangan dan matanya meningkat, gerak tangannya semakin terkendali, karena fase oral terjadi di usia ini, bayi memsukkan semua benda ke dalam mulutnya untuk mengenalinya. Letakkan bayi di lantai dengan alas yang empuk agar dia berusaha merangkak dan mengambil mainannya. (me)
Baca juga:
Mengenali Masalah Pertumbuhan Bayi
Milestone Sosial-Emosi Bayi

 

Artikel Rekomendasi