Kemampuan yang Harus Dimiliki Anak 0-15 bulan

 

Pada usia bayi 0-15 bulan, ada kemampuan tertentu yang seharusnya sudah bisa dicapai oleh anak. Apa langkah untuk orang tua untuk mendukung perkembangannya?

Kemampuan yang dicapai:  Bisa bicara! Dimulai dari mengerang seperti “hm..hm..mmm...” pada usia 3 bulan, bubbling “ma..ma..bu..bu..ba..ba..” di usia 6 bulan, dan mengucapkan satu kata seperti “mau.. ya.. tidak... boleh...” di usia 10 bulan. Kemampuan  anak  bicara diikuti kemampuannya mengendalikan gerakan kepala, tangan, atau kaki yang masih sederhana, seperti menunjuk, menggeleng, atau menendang.

Aktivitas yang bisa dilakukan: Membaca buku cerita sambil diikuti gerak, suara, dan ekspresi wajah.

Anak belajar:
  • Kata-kata baru, arti kata, dan cara pengucapan dari cerita di buku yang Anda bacakan.
  • Memperhatikan, mendengar, dan berkonsentrasi pada sesuatu.
  • Kategorisasi benda atau makhluk sebagaimana cerita dalam buku; misal bebek hidup di air, daun itu hijau.
Tips untuk orangtua:
  • Ajak anak bicara sejak ia dilahirkan  dengan mengatakan apa saja yang sedang Anda lakukan atau Anda lihat, agar si kecil terbiasa mendengar kosakata-kosakata.
  • Hindari menggunakan baby talk, misalnya “mimik cucu” untuk minum susu. Mendengar ucapan demikian anak dapat belajar pengucapan yang salah.

 

Artikel Rekomendasi

post4

Melahirkan Bayi Bintang

Bayi-bayi ?bintang? tumbuh kembangnya optimal. Mereka lahir dan dibesarkan oleh bunda yang bahagia. Dan setiap bayi bisa menjadi bintang!... read more