Bintik Merah di Wajah Bayi

 

Tanya: Apakah penyebab timbulnya bintik-bintik merah di wajah bayi saya (3 bulan)? Saya lihat bayi-bayi lain juga mengalami hal serupa.
    
Jawab: Bintik-bintik merah pada wajah bayi Anda dapat disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya adalah:
  • Keringet buntet terjadi karena adanya sumbatan pada saluran kelenjar keringat. Bila yang tersumbat adalah saluran keringat yang sangat dangkal (dekat permukaan kulit), maka akan terlihat butiran halus berisi cairan berwarna bening. Sedangkan bila yang tersumbat adalah saluran keringat yang terletak lebih dalam, maka akan terlihat bintik merah yang sedikit menonjol pada permukaan kulit dan terasa gatal. Kelainan ini biasanya timbul karena udara panas, dan biasanya muncul pada bagian tubuh yang tertutup.
  • Ruam karena gigitan nyamuk atau serangga disebut dengan istilah bentol yang berupa tonjolan di atas permukaan kulit. Ukuran bentol tersebut bervariasi tergantung jenis serangga yang mengigit kulit bayi dan tingkat kepekaan kulitnya.
  • Ruam susu (dermatitis atopik) terjadi karena bayi alergi terhadap susu fomula yang ia minum. Biasanya dialami oleh bayi yang memiliki riwayat alergi dalam keluarga. Muncul dalam bentuk ruam kemerahan, kulit kering yang kadang terlihat bersisik pada kedua pipi bayi, dahi, maupun kulit kepala.
Dr. dr. Hartono Gunardi, SpAK


 

Artikel Rekomendasi