>

3 Posisi Menyusui Bayi Kembar

 

Menyusui bayi kembar memang tidak mudah. Pilih posisi yang paling nyaman. Karena kenyamanan selama menyusui sangat penting untuk kelancaran proses laktasi. Silahkan pilih dari ketiga posisi berikut ini, sesuai kenyamanan Anda dan si kembar.

1. Posisi Menggendong (The Cradle Hold)

  • Peluk kedua bayi dengan kepala ditempatkan pad alekuk siku tangan Anda. Kepala bayi yang menyusu pada payudara kanan, diletakkan pada lekuk siku tangan kanan Anda dan bokongnya pad atelapak tangan kanan Anda. Lakukan sebaliknya bila bayi menyusu pada payudara kiri.
  • Arahkan badan bayi, sehingga telinga bayi berada pad asatu garis lurus dengan tangan bayi yang ada di atas (bayi berbaring menyamping)
2. Posisi Menyangga Kepala (The Clutch Or Football Hold)
  • Kedua kepala bayi disangga dengan telapak tangan Anda, sementara tubuh mereka diselipkan di bawah kedua tangan Anda (seperti memegang bola atau tas tangan). Bila menyusui bayi pad apayudara kanan, maka Anda akan memegangnya dengan tangan kanan. Demikian pula sebaliknya.
  • Letakkan tangan Anda di atas bantal pada pangkuan Anda atau di samping, lalu sangga bahu, leher dan kepala kedua bayi Anda dengan kedua tangan. Arahkan mulut bayi kea rah putting susu. Biarkan kakinya menjulur ke belakang.
3. Posisi Gabungan
  • Anda dapat menyusui salah satu bayi Anda dengan posisi menggendong, dan bayi Anda yang lain dengan posisi menyangga kepala. Lakukanlah secara bergantian.

[((Album:andi.maerzyda@feminagroup.com|21))]

Baca juga:
Menyusui Bayi Kembar
Merawat Bayi Kembar, Seru & Asyik!
Aneka Jenis Bayi Kembar
Kembar, Tak Selalu Harus Sama
Kebutuhan Keuangan Bayi Kembar

Artikel Rekomendasi

post4

Playdate untuk Bayi di Rumah

10 Jul 2015

Yuk, ajak bayi Anda playdate supaya ia mulai belajar bersosialisasi. Rumah adalah salah satu tempat yang nyaman dan paling disarankan.... read more

  • 649
post4

Terbang dengan Bayi

7 Jul 2015

Saat Anda memutuskan liburan atau terbang bersama bayi, banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan.... read more

  • 111