>

Menangani Lidah Bayi Putih

 

Walau secara alami infeksi jamur ini dapat sembuh sendiri dalam beberapa minggu, namun Bunda perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

Pada ibu bila penyebabnya adalah infeksi jamur pada payudara, obati dengan salep anti jamur yang dioleskan langsung pada permukaan kulit yang terinfeksi.

Pada bayi:

  1. Setiap kali bayi selesai menyusu, bersihkan mulutnya dengan sedikit air matang. Gunakan kasa steril yang telah dibasahi dengan air matang untuk membersihkan bagian dalam mulut bayi dengan cara mengusapnya perlahan.
  2. Untuk bayi yang sering diberi empeng, cuci dan rendam empeng dalam air panas selama beberapa menit sebelum diberikan pada bayi.
  3. Untuk bayi yang diberi susu formula:
  • Bila berat bayi sudah ideal, pemberian susu formula di malam hari bisa dihentikan, ganti dengan air putih.
  • Bila berat bayi belum ideal, pemberian susu formula di malam hari tetap dilanjutkan, tapi, setelah itu bilas mulutnya dengan air putih.
Jika bercak keputihan tak juga menghilang bawa bayi ke dokter anak, dokter akan memberikan obat antijamur yang bisa langsung dioleskan ke bagian mulut bayi yang terinfeksi. (me)

Baca juga:
Lidah Bayi Putih

 

Artikel Rekomendasi

post4

Playdate untuk Bayi di Rumah

10 Jul 2015

Yuk, ajak bayi Anda playdate supaya ia mulai belajar bersosialisasi. Rumah adalah salah satu tempat yang nyaman dan paling disarankan.... read more

  • 724
post4

Terbang dengan Bayi

7 Jul 2015

Saat Anda memutuskan liburan atau terbang bersama bayi, banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan.... read more

  • 179