Minggu ke 6. Ukuran janin 0,6?0,4 inci dari puncak kepala sampai bokong, sedangkan beratnya masih terlalu kecil untuk dapat diukur. Gambar menunjukkan dua kantung kehamilan yang berbeda - kembar! Di sini, calon bayi pertama ditandai dengan titik AA dan BB untuk calon bayi kedua. Ibu hamil perlu melakukan USG beberapa kali untuk memastikan kedua janin tumbuh baik.


Di minggu ke 11 ini, wajah janin mulai terbentuk, daun telinga dan mata secara bertahap pindah ke tempat yang tepat. Begitu juga dengan tangan dan kakinya. Tiap janin memiliki kantung amnion dan tali pusat, dan ditandai dengan kantung A dan B. Janin bertanda A adalah yang paling dekat posisinya dengan leher rahim. Kepala janin A menghadap ke leher rahim, sementara janin B menghadap membran yang memisahkan kedua janin.

Minggu 14. Memasuki trimester dua, tulang bayi mulai mengeras. Jika dilihat lebih dekat, pada tiap kepala janin terdapat garis putih kaku, itu adalah tulang tengkoraknya. Punggung janin A ada di sisi kanan gambar, wajahnya menghadap ke luar membran. Sedangkan kembarannya, janin B, membelakangi membran dengan posisi tangan menutupi wajahnya.

Minggu 18. Mata janin dapat mendeteksi cahaya dan telinganya bisa menangkap suara-suara. Dalam gambar ini, punggung janin B ada di sisi kanan gambar. Bulatan samar di atasnya adalah tali pusat. Tali pusat bayi A juga terlihat di bagian atas tubuh janin. Membran yang memisahkan dua bayi dapat bergoyang bersama air ketuban saat janin bergerak.

Minggu 19. Dalam gambar ini, posisi kepala janin B menyenggol membran yang memisahkan kedua janin. Sedangkan kepala janin A menghadap atas membran. Anda mulai bisa merasakan gerakan saat janin berganti posisi. Dalam beberapa pekan mendatang, tendangan dan gerakan ini akan terasa lebih kuat!

Minggu ke 20. Masing-masing janin bertambah besar dan makin sedikit ruang untuk bergerak rahim. Di gambar ini pun, terlihat seolah-olah kepala mereka saling bergesekan, padahal kedua janin dipisahkan dengan membran tipis. Penting untuk melihat besar ukuran kepala janin, untuk mendeteksi dini masalah kehamilan.

Minggu 26. Dalam gambar ini Anda dapat melihat bagaimana kepala bayi yang belum lahir menyentuh dinding rahim.Dua titik pointer menunjukkan rambut janin yang mulai tumbuh di kulit kepala.Meskitidak semua bayi memiliki rambut saatlahir, kedua janin kembar ini kelihatannya bakal punya rambut keriting.

Minggu 28. Di usia kehamilan 28 minggu ini, masing-masing janin terlihat meringkuk di ?rumah? mereka dalam rahim Anda. Masing-masing dipisahkan oleh membran sangat tipis. Garis putih cerah menunjukkan tulang tengkorak yang makin mengeras. Di minggu ini, gerakan janin akan terasa lebih lamban karena ruang geraknya semakin sempit.

Minggu 36. Tinggal beberapa minggu lagi sampai dia lahir! Dengan kehamilan kembar, Anda perlu melakukan USG untuk memastikan bahwa janin berkembang sesuai jadwal. Mendekati hari perkiraan lahir, dokter pun akan melakukan pemeriksaan USG untuk memeriksa posisi janin di dalam rahim. Di gambar ini, pipi kedua janin saling berhadapan dan hanya dipisahkan selaput tipis.

Artikel Rekomendasi