>

Menyikapi Tekanan Darah Rendah Saat Hamil

 

Jika sebagian ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi, sebagian lainnya justru mengalami tekanan darah rendah. 

Tekanan darah rendah ( hipotensi), memang dapat menimbulkan rasa pusing, lemas, serta sekeliling kita seolah berputar-putar. Tidak jarang keadaan ini disertai pula dengan keluarnya keringat dingin.

Pada wanita hamil, keadaan hipotensi (tekanan darah rendah) lebih sering dijumpai karena adanya pengaruh hormon kehamilan. Selain itu, karena janin dalam kandungan juga memerlukan aliran darah dari ibu hamil, maka pasokan darah ke arah otak atau ke kepala ibu hamil agak berkurang. Hal-hal seperti inilah yang menyebabkan rasa pusing atau sakit kepala serta pandangan di sekeliling kita seolah-olah berputar.

Namun, kadang-kadang rasa pusing juga dapat disebabkan oleh karena kurang darah atau anemia. Untuk mengetahui apakah ibu hamil pusing karena anemia atau karena penyebab lain, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter lebih dahulu. Dengan demikian, penanganan untuk mengatasi rasa pusing itu pun bisa disesuaikan dengan penyebabnya.

Untuk sehari-hari, ibu hamil bisa saja minum teh manis, susu manis atau makan makanan lain yang bergizi. Selain itu, pada kondisi seperti ini biasanya Anda dianjurkan untuk selalu mendapatkan istirahat yang cukup.

Obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit biasanya hanya diberikan setelah semua usaha di atas tidak berhasil dan obat-obatan itu pun harus diberikan atas nasihat dokter. Ingatlah bahwa Anda sedang hamil, jadi tidak boleh minum sembarang obat.

Artikel Rekomendasi