Relaksasi untuk Ibu Hamil Trimester 2

 

Di trimester kedua kehamilan, biasanya ibu sudah lebih tenang. Mual dan muntah sudah tidak terlalu sering bahkan tidak sama sekali. Tetapi ibu hamil harus memelihara kondisi rileks dan nyaman, dan ini dapat dicapai melalui relaksasi.

Berbahagialah kehamilan Anda kini berusia 13-27 minggu, karena pada trimester kedua ini biasanya merupakan masa-masa yang paling nyaman. Anda akan merasa penuh vitalitas dan semangat, sehingga bisa melakukan aktivitas yang mungkin sebelumnya tidak bisa dilakukan. Hanya saja, jangan mentang-mentang nyaman lalu Anda lupa diri dan melakukan aktivitas berlebihan.
  • Umumnya nafsu makan Anda mulai merambat naik. Tapi tetap ingat jaga berat badan agar tidak berlebihan saat hamil.
  • Konsumsi gizi seimbang dengan penekanan pada zat besi, karena volume darah meningkat 40-60%. Peningkatan ini untuk menyuplai makanan serta oksigen ke janin.
  • Kini saatnya ‘resmi’ pakai baju hamil. Lewat dari usia 12 minggu, rahim Anda memang makin membesar, yakni sekitar 1 cm setiap minggunya.
  • Kenakan BH yang menopang payudara dengan baik. Masalahnya, saat ini payudara terasa semakin berat dan lunak akibat perubahan hormon untuk persiapan menyusui.
  • Lakukan senam Kegel untuk melatih otot-otot panggul, yang bisa dilakukan sambil berdiri, duduk, atau berbaring. Caranya, kerutkan otot seperti saat Anda menahan buang air kecil.
  • Nikmatilah saat-saat bercinta dengan suami. Bulan-bulan ini saat hamil adalah masa paling nyaman melakukan hubungan suami istri.
  • Lakukan olahraga low impact seperti berenang, yoga, senam, dan jalan kaki yang semuanya cocok untuk ibu hamil. Tubuh yang nyaman membuat Anda nyaman berolahraga.
  • Jika Anda mengalami heartburn (bagian bawah dada atau atas perut seperti terbakar) yang disebabkan relaksasi otot saluran cerna akibat asam lambung naik ke kerongkongan, atasi dengan:
      - Hindari makan terlalu banyak sebelum tidur.
      - Hindari makanan yang berlemak, pedas dan berminyak.
      - Tinggikan posisi kepala sehingga asam lambung tidak naik ke kerongkongan.
  • Atasi kram kaki dengan menaikkan kaki ke atas. Bila Anda terkena kram kaki ketika duduk atau saat tidur, cobalah gerakan jari-jari kaki ke arah atas.
  • Untuk mengurangi dan/atau menghindari rasa sakit di daerah punggung sampai ke bagian panggul dan pinggang (low back pain) yang biasa muncul di usia kehamilan 5 bulanan, lakukan cara berikut.
  • Jangan berdiri atau duduk terlalu lama
      - Bila mengambil sesuatu di lantai, lakukan dengan berjongkok
      - Gunakan sepatu yang bertumit rendah
      - Cobalah tidur dengan posisi miring ke kiri.
Di masa yang menyenangkan ini, ada satu momen yang membahagiakan. Anda akan merasakan gerakan janin di usia kehamilan sekitar 22 minggu.  Sungguh berbahagia!

 

Artikel Rekomendasi