Serat Buatan, Bermanfaatkah?

 

Tentunya bunda sudah sering mendengar mengenai “minuman” yang konon mengandung serat tinggi, kan? Seringkali “minuman” ini dimanfaatkan sebagai “obat” mengatasi sembelit. Masalahnya, apakah “minuman” ini aman untuk ibu hamil?

“Minuman” berserat ini umumnya dibuat dari bahan baku berupa ekstrak sejumlah tanaman, tapi sifatnya larut dalam air. Itu sebabnya, “minuman” ini sebenarnya tidak banyak membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit. Karena, yang dibutuhkan tubuh adalah serat alami yang bersifat tidak larut dalam air, yakni yang berasal dari sayuran dan buah-buahan segar.

Bagi Anda yang senang dengan kepraktisan dari “minuman” berserat ini, sebaiknya tidak mengonsumsinya pada saat perut kosong, karena akan menyerap cairan di dalam perut. Juga, jangan lupa minum yang banyak, dan jangan mengonsumsi serat dalam jumlah terlalu banyak. Karena, serat bersifat “mengikat” zat-zat nutrisi lainnya, seperti kalsium dan vitamin, sehingga penyerapan oleh tubuh menjadi berkurang. Padahal, tubuh Anda selama masa kehamilan ini, khususnya pada trimester ke-3, membutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih banyak.

Bagi ibu hamil, jadi pilih mana? Serat dari makanan alami, atau serat buatan? Tentunya makanan serat alami lah ya!

 

Artikel Rekomendasi