Berhasil hamil Meski Mengidap Endometriosis

 

Tanya:
Hasil pemeriksaan HSG (histerosalfingografi) menyatakan kedua tuba saya (32 tahun) non-patent (buntu) dan ada kista endometriosis. Setelah menjalani laparotomi untuk mengangkat endometriosis, saya berusaha untuk hamil tetapi belum berhasil. Hasil USG ulang ditemukan lagi kista endometriosis di kanan kiri ovarium. Apa yang harus saya lakukan agar bisa hamil?

Jawab:                                
Kasus endometriosis memang sering kambuh dan dapat merusak saluran tuba, sehingga pada pemeriksaan pertama dinyatakan kedua saluran tuba Anda non-patent. Dengan keadaan ini, diperkirakan endometriosis Anda tergolong berat dan merupakan indikasi utama dilakukannya program bayi tabung agar bisa hamil.
Jika kista yang ditemukan sekarang berukuran cukup besar (di atas 4 cm), sebaiknya lakukan operasi pengangkatan kista dulu sebelum proses bayi tabung. Namun jika kista tersebut kecil, bisa langsung melakukan proses bayi tabung dan sebaiknya dilakukan segera, mengingat usia Anda masih relatif muda, sehingga angka keberhasilan cukup tinggi.

Salam,
dr. Irham Suheimi, SpOG

 

Artikel Rekomendasi

post4

Janin Tumbuh Bersama Kista

Kehamilan kadang-kadang memang disertai adanya kista yang bermacam-macam jenisnya. Pada beberapa kasus, untuk mencegah putaran tangkai kista, dilakukan operasi untuk mengangkat kista pada kehamilan us... read more

post4

Bolehkah Pijat Saat Hamil?

Apa penyebab pinggul nyeri? Bolehkah dipijat? Istri saya hamil 5 bulan, mengeluh pinggulnya seperti terkilir, berjalan dan bergerak pun sulit.... read more