>

Bolehkah Pijat Saat Hamil?

 

Tanya: Apa penyebab pinggul nyeri? Bolehkah dipijat? Istri saya hamil 5 bulan, mengeluh pinggulnya seperti terkilir, berjalan dan bergerak pun sulit.

Jawab: Sakit di daerah pinggul disebabkan meregangnya otot dan persendian, baik akibat semakin besarnya janin maupun karena peningkatan produksi hormon relaksin yang melunak dan meregangkan persendian. Bila rasa sakitnya kuat sampai mengganggu mobilitas, periksakan ke dokter kandungan untuk mengantisipasi adanya masalah seperti kista atau miom di rahim.
Meski jarang, nyeri pinggul yang kuat juga dihubungkan dengan symphysis pubis disfunction (SPD), yaitu gangguan akibat kerja hormon relaksin yang menyebabkan sendi tulang panggul melunak dan terlalu meregang, sehingga menyebabkan adanya celah pada sambungan tulang. Aktivitas berjalan, naik tangga, membalik badan saat tidur, dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada sambungan tulang itu sehingga terasa sakit. Sebaiknya jangan dipijat. Jika sakit sekali, minta obat pereda nyeri ke dokter. Penanganan dokter akan disesuaikan dengan penyebab masalah.

Artikel Rekomendasi

post4

Persalinan yang Cocok

22 Jul 2015

Saya sedang hamil. Jika bersalin nanti, apa jenis persalinan yang sebaiknya saya pilih, normal atau sesar?... read more

  • 81