>

Ibu Hamil Nyeri di Selangkangan

 

Tanya:
Di usia kehamilan 38 minggu saya merasa selangkangan nyeri dan semakin terasa ketika menggerakkan kaki. Misalnya,saat memakai sarung untuk shalat, memakai pakaian dalam  dan  yang paling parah ketika bangkit dari posisi duduk yang terlalu lama. Janin juga sering membuat gerakan seperti menyundulkan kepala ke area pintu rahim, sehingga terasa nyeri. Sesuai saran dokter, saya mengatasinya dengan pregnancy pilates, pregnancy fitness plan, dan jalan kaki rutin. Apa yang sebenarnya terjadi?

Jawab Dokter:
Nyeri di selangkangan biasanya disebabkan oleh kondisi yang disebut Symphysis Pubis Dysfunction (SPD). Ini terjadi karena pelepasan hormon relaksin — jumlahnya maksimal pada usia kehamilan 38-42 minggu, yang mengakibatkan pelunakan dan merenggangnya kedua tulang panggul.  

Perenggangan ini mengakibatkan terbentuknya celah pada sambungan tulang.  Selain itu, kondisi kepala janin yang sudah mulai memasuki jalan lahir menyebabkan adanya tekanan pada sambungan tulang yang menimbulkan rasa sakit ketika  berjalan, berdiri untuk waktu lama, naik tangga, dan embalikkan badan saat tidur. Untuk mengurangi keluhan cobalah:

  • Tidak melakukan aktivitas fisik berlebihan
  • Hindari berdiri, berjalan dan jongkok terlalu lama.
  • Duduk ketika melakukan pekerjaan yang membutuhkan waktu lama.
  • Jangan mengangkat dan menjinjing benda berat.
  • Jangan melakukan gerakan melompat atau  membuka kaki terlalu lebar.
  • Tekuk lutut dan rapatkan kedua kaki ketika hendak naik dan turun dari tempat tidur.
Dr.dr. Ali Sungkar, SpOG

 

Artikel Rekomendasi

post4

Bekas Luka Sesar Masih Sakit

4 Aug 2015

Pascasesar 4 tahun lalu, kini saya sedang program hamil anak kedua. Tapi bekas luka sesar masih sakit kalau saya berdiri lama. Kenapa ya, Dok?... read more

  • 56
post4

Travelling via Darat Saat Hamil

4 Aug 2015

Saya (hamil 4 bulan) akan melakukan perjalanan Jakarta ke Surabaya lewat jalan darat. Apa yang perlu dipersiapkan agar kehamilan tidak terganggu?... read more

  • 10