>

Kehamilan Kembar

 

Tanya: Mengapa saya bisa mengandung janin kembar (8 bulan), padahal tidak ada keturunan kembar? Mereka kembar identik, karena jenis kelaminnya sama-sama perempuan. Saat ini perut sudah sangat berat, pada minggu ke berapa saya bisa melahirkan?

Jawab: Kehamilan kembar bisa terjadi akibat faktor keturunan maupun by chance (ada peluang), misalnya metode in vitro fertilization (bayi tabung), mengikuti terapi kesuburan, atau karena mengalami ovulasi 2 kali sebulan sehingga menghasilkan 2 sel telur yang masak bersamaan.   

Jenis kembar tergantung dari proses pembuahannya. Monozigot atau kembar identik terjadi apabila satu sel telur dibuahi oleh sel sperma. Sel telur yang telah dibuahi lalu membelah menjadi 3 atau 5 sehingga terbentuk 2 atau lebih embrio yang tinggal di satu kantung plasenta. Biasanya berjenis kelamin sama, wajahnya sulit dibedakan dan
mengandung materi genetik sama.

Sedangkan kembar dizigot atau fraternal terjadi bila 2 sel telur dibuahi oleh 2 sel sperma. Masing-masing sel telur membelah sehingga terbentuk 2 embrio yang hidup di 2 kantung plasenta yang berbeda. Biasanya tidak berwajah mirip, tampak seperti adik-kakak, kelaminnya bisa sama atau berbeda. Dari penjelasan ini, meskipun jenis kelamin kedua janin Anda sama, belum tentu kembar identik.

Pemeriksaan USG untuk melihat jumlah kantung kehamilan, dapat memastikan jenis kembar. Risiko persalinan prematur lebih tinggi pada kehamilan kembar. Persalinan dapat dilakukan pada minggu ke-34 hingga ke-35, didahului dengan proses pematangan paru-paru
janin oleh dokter.  

dr. Ali Sungkar, SpOG

Baca:
Tips Mengetahui Kehamilan Kembar
Risiko pada Kehamilan Kembar
Tips Hamil Kembar, Tetap Bugar




Artikel Rekomendasi

post4

Persalinan yang Cocok

22 Jul 2015

Saya sedang hamil. Jika bersalin nanti, apa jenis persalinan yang sebaiknya saya pilih, normal atau sesar?... read more

  • 17