Cegah Infeksi Saluran Kemih

 

Infeksi saluran kemih (ISK) atau disebut sebagai uterine track infection adalah radang pada saluran kemih (urethra) yang disebabkan oleh bakteri. ISK umum terjadi pada ibu hamil karena pada umumnya daya tahan calon ibu menurun dan frekuensi buang air kecil membuat ibu tak jarang kurang cermat saat membersihkan.

ISK ada yang muncul dengan gejala tertentu, ada yang tanpa gejala. Gejala ISK antara lain adalah rasa perih seperti terbakar ketika buang air kecil, sakit di seputar panggul atau di bawah puser, anyang-anyangan (sering terasa mau buang air kecil tapi keluar hanya sedikit dan sakit), urin tampak keruh (kadang-kadang ada darah) dan berbau tak seperti biasanya.

Pengobatan: antibiotika
Dokter biasanya akan memberikan resep dengan obat-obatan yang antara lain mengandung antibiotika. Tentu saja untuk ibu hamil, dokter akan mencari yang aman. Ada juga yang menganjurkan konsumsi jus cranberry untuk meredakan infeksi.

Pencegahan: minum banyak air putih, jangan menunda buang air kecil, dan jaga kebersihan seputar genetalia.

 

Artikel Rekomendasi

post4

Atasi Morning Sickness

Morning sickness dan kehamilan, merupakan satu paket tak terpisahkan. Coba ini untuk atasi mual dengan cara yang mengasyikan!... read more