Menghitung Taksiran Tanggal Persalinan

 

Perbedaan taksiran hari persalinan bisa terjadi, namun biasanya tidak sampai 3 minggu. Silakan ke dokter kandungan dan diskusikan lebih lanjut perkiraan persalinan Anda berdasarkan beberapa parameter di bawah ini:
  1. Siklus haid. Bila normal, antara 21-35 hari, dan teratur tiap bulan, hari pertama siklus haid terakhir dapat dijadikan dasar untuk menentukan taksiran persalinan. Misalnya, hari pertama siklus terakhir haid 1 Mei 2009 dan siklus Anda 28 hari sekali teratur tiap bulan, maka taksiran persalinan 8 Februari 2010, yaitu usia kehamilan 40 minggu. Mengingat bayi sudah "matang" pada usia 38 minggu, maka bila posisi bayi normal, diperkirakan Anda melahirkan antara 24 Januari - 8 Februari 2010. Bila siklus Anda teratur dan bukan 28 hari tetapi termasuk normal, tinggal ditambah atau dikurangi 7 hari saja menyesuaikan dengan siklus.
  2. USG trimester pertama. Pada kasus siklus menstruasi tidak teratur, hasil USG pada trimester pertama dapat dijadikan taksiran dengan angka kesalahan kurang lebih 2 hari.
  3. Faktor kesejahteraan janin. Sering jadi pertimbangan bila ada masalah pada kehamilan sehingga persalinan harus dipercepat. Hal ini hanya boleh diputuskan oleh dokter kandungan dengan bantuan USG dan alat rekam jantung janin.   
Baca juga:
Lima Tanda Siap Melahirkan
Cara Alami Rangsang Persalinan
Memilih Tempat Kelahiran Bayi
Makanan Perangsang Kontraksi Kelahiran
Bayi Lahir Lewat Waktu
Menghitung Hari Jelang Kelahiran
 


 

Artikel Rekomendasi