>

Memilih Bra Menyusui

 

Menggunakan bra menyusui memang tidak wajib untuk ibu menyusui, namun menggunakan bra menyusui akan membuat proses laktasi lebih mudah. Karena bra menyusui sudah didisain sedemikian rupa untuk dapat menyangga payudara yang berisi ASI, sehingga bentuk payudara akan tetap terjaga baik.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih bra menyusui?
  1. Sebulan sebelum kelahiran adalah waktu yang paling tepat membeli bra menyusui, karena saat itu ukuran payudara Anda adalah yang paling mendekati saat-saat kelahiran dan menyusui.
  2. Penyangga yang cukup kuat untuk menyangga payudara sangat dibutuhkan ibu menyusui. Pilih yang memiliki banyak kaitan belakang agar dapat disesuaikan dengan kondisi payudara. Cup bra juga harus menutup seluruh payudara Anda.
  3. Disain yang tepat, yang memungkinkan Anda untuk membuka bra dengan satu tangan, dan bukaan bra harus cukup besar untuk bayi menyusu. Hindari jahitan yang bisa mengenai puting Anda yang sensitif.
  4. Saat tidur tidak ada salahnya jika Anda menggunakan bra menyusui, karena dapat membantu menyangga payudara yang terasa berat. Pilihlah bra khusus malam hari, yang lebih sejuk dan ringan daripada bra Anda di siang hari.
  5. Bentuk dan disain bra menyusui banyak juga lho yang menarik. Kini banyak perusahaan yang memroduksi bra menyusui yang praktis namun juga seksi.
  6. Perlu berapa banyak? Jika Anda ingin menyusui ekslusif selama 6 bulan sampai 1 tahun, 3 sampai 7 buah bra dengan kualitas yang bagus cukup untuk persediaan.
  7. Katun dan serat alami adalah bahan yang tepat untuk bra menyusui agar kulit dapat bernapas.
  8. Simpan yang baik. Anda tidak bisa menggunakan bra menyusui setelah Anda selesai meyusui karena bentuk payudara yang berubah. Namun, simpanlah dengan baik agar Anda bisa menggunakannya lagi untuk kehamilan berikutnya.
  9. Hindari penggunaan kawat penyangga selama menyusui, karena dapat menghambat saluran ASI. (me)


 

Artikel Rekomendasi