Kuku Gambarkan Kondisi Kesehatan

 

Tamara Lior, MD, dokter spesialis kulit di Cleveland Skin Clinic, Florida, AS, menyatakan bahwa kuku dapat memberikan gambaran kondisi kesehatan seseorang. Warna kuku, bentuk permukaan maupun kondisi kuku secara keseluruhan,  dapat menjadi indikasi adanya gangguan fungsi organ tubuh. Ia bercerita, “Salah satu pasien saya memiliki  kuku berwarna kebiruan. Setelah diperiksa, ia didiagnosa mengalami gangguan kekurangan oksigen akibat paru-paru terisi air.

Menurut Tamara, kuku yang sehat berwarna merah muda. Adanya perubahan pada penampilan kuku, dapat menjadi tanda adanya penyakit kuku, seperti infeksi jamur, atau bisa juga disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah di daerah bantalan kuku atau di bawah lempengan kuku. Misalnya, sewaktu kita kedinginan atau terlalu lama berenang, yang menyebabkan pembuluh darah di bantalan kuku menciut sehingga aliran darah berkurang dan kuku menjadi kebiruan. Tetapi bukan cuma itu. Dermatologis ini menyebutkan bahwa penyakit-penyakit serius seperti lupus, anemia, hepatitis penyakit paru-paru kronis, dan gangguan fungsi jantung, juga dapat diketahui gejalanya lewat penampilan kuku.

Pada ibu hamil,  Joshua Fox, MD, Direktur Advanced Dermatology di American Academy of Dermatology, AS, mengatakan bahwa penampilan kuku di masa kehamilan dapat menjadi alarm untuk mendeteksi  kekurangan zat gizi tertentu pada tubuh. Dengan begitu, Anda bisa segera mengantisipasinya agar tidak berdampak serius terhadap tumbuh–kembang janin. (me)

Baca juga:
Cek Kesehatan Dari Kuku
Tip Merawat Kuku






 

Artikel Rekomendasi

post4

Deteksi Dini Kanker Serviks

Pap smear salah satu cara yang ampuh untuk mendeteksi keberadaan kanker leher rahim atau kanker serviks, pembunuh wanita nomor dua di dunia setelah kanker payudara ini. ... read more

post4

Ayah pun Ikut Menyusui

Tentu saja ayah tidak bisa menyusui bayi seperti yang dilakukan ibu. Tapi ayah pasti bisa berperan aktif dalam proses menyusui. Begini caranya. ... read more