Pemeriksaan Kesuburan Pria

 

Untuk memiliki momongan, kedua pihak baik suami maupun isteri harus kompak. Keduanya perlu cek kesehatan kesuburan. Ini pemeriksaan kesuburan khusus untuk kaum pria.
  1. Pemeriksaan fisik, untuk mengetahui kondisi organ reproduksi pria secara umum. Berupa pemeriksaan penis, buah zakar (skrotum), testis, epididimis, prostate, saluran sperma, dan kelenjar Cowper. Namun, melalui pemeriksaan fisik ini tidak seluruh bagian organ reproduksi dapat diperiksa dengan perabaan (palpasi) secara mudah.
  2. Pemeriksaan darah, untuk mengetahui kadar FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan kadar hormon testoteron. FSH berperan dalam proses pembentukan sperma (spermatogenesis) sedangkan hormon testoteron berperan dalam spermatogenesis serta stimulasi libido. Normalnya, kadar FSH pada pria dewasa adalah 1,5-12,4 mIU/ml darah, sedangkan kadar hormon testoteron 300-1.200 mg/desiliter.
  3. Biopsi testis, untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan pada pria. Dilakukan dengan cara operasi kecil untuk mengambil contoh jaringan testis. Biasanya pemeriksaan ini jarang dilakukan dan hanya dilakukan apabila di dalam semen tidak ditemukan adanya sel sperma (azoospermia).
  4. Pemeriksaan USG, untuk mengetahui secara akurat ukuran testis serta mendeteksi adanya tumor, kista, aliran darah tidak normal, serta gangguan lainnya yang menjadi penyebab ketidaksuburan pada pria.
  5. Analisa semen dan sperma, untuk mengukur jumlah semen dan sperma. Semen adalah cairan berwarna putih kental berisi sperma yang dilepaskan saat ejakulasi. Pengumpulan sperma dilakukan dengan masturbasi lalu contoh sperma yang didapat, ditampung di dalam tabung steril untuk kemudian dievaluasi. Dari pemeriksaan semen dan sperma juga dapat diketahui jumlah sel darah putih untuk mendeteksi penyakit infeksi. Pemeriksaan ini dapat digunakan pula untuk mengetahui ada tidaknya sperma di dalam cairan semen. (me)
Baca juga:
Menggenjot Kesuburan Calon Ayah
Faktor Penentu Kesuburan Pria
Jenis Pemeriksaan Kesuburan Wanita

 

Artikel Rekomendasi

post4

Kelainan Sperma Azoospermia

Azoospermia adalah kelainan sperma yang berupa di dalam cairan semen tidak ada atau nyaris tidak ditemukan adanya sel sperma sama sekali. ... read more