Tes Kesuburan Perempuan

 

Kehamilan yang diharapkan, bisa jadi belum kunjung datang. Untuk tahu penyebab infertilitas yang Anda alami, dokter kandungan akan meminta sejumlah tes yang harus dijalani oleh calon ibu.
  • Tes darah, untuk mengukur kadar sejumlah senyawa tertentu di dalam darah. Contohnya, serum progesteron yang diambil pada pertengahan siklus haid, serum gonadotropin untuk mengetahui adanya gangguan pada fungsi indung telur (ovarium) yang mengganggu produksi sel telur, dan prolaktin untuk mengetahi adanya gangguan atau tumor pada kelenjar pituitari (pengontrol produksi air susu ibu).
  • Pemeriksaan medis, untuk mengetahui adanya gangguan, kelainan, sumbatan, kerusakan serta ketidaknormalan yang terjadi pada berbagai organ reproduksi. Misalnya, sumbatan pada saluran indung telur yang menyebabkan sel telur matang tidak dapat dibuahi sel sperma. Ini dilakukan antara lain dengan USG pada daerah vagina serta pemeriksaan rongga panggul.
  • Pemeriksaan tambahan, untuk menunjang hasil tes darah serta pemeriksaan medis, sehingga penyebab yang lebih spesifik dapat diketahui.
Baca juga:


 

Artikel Rekomendasi