Senam Air Buat Ibu Hamil Bugar

 

Senam air bisa membuat  ibu hamil bugar. Olahraga dalam air merupakan salah satu pilihan yang baik bagi ibu hamil karena sifatnya ”non weight bearing” -tidak memberi beban terhadap tulang dan sendi secara berlebihan sehingga meminimalkan cedera. Selain itu, air memberi tahanan atau tekanan yang optimal terhadap otot sehingga membantu melatih daya tahan kekuatan otot.  

Senam di dalam air akan meringankan beban di kaki dan punggung Anda, dan Anda lebih merasa nyaman serta bermanfaat bagi kebugaran jantung dan paru-paru Anda. Keuntungan lain, senam air membantu Anda melancarkan proses persalinan. Laporan penelitian dalam Jurnal Kesehatan Reproduktif menyebutkan bahwa senam air tidak menuntut banyak gerak dan meminimalkan penggunaan pengurang rasa sakit selama melahirkan bila dilakukan minimal 3 kali seminggu dengan durasi 50 menit. Penelitian oleh  The University of Campinas, Sao Paolo membuktikan hal ini. (me)

Baca juga:
Gerakan Senam Air Untuk Ibu Hamil


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Migrain Saat Hamil Bukan Hal Sepele

Migrain selama hamil tidak boleh dianggap enteng. Penelitian Dr.Cheryl Bushnell dari Duke University, North Carolina, AS, menemukan ada kaitan erat antara migrain dengan penyakit vascular (pembuluh da... read more