15 Keseruan Tak Terlupakan Ayah dan Anak

 

 
Fotosearch
Unforgettable, that’s what you are.... Lirik lagu ini bisa menggambarkan perasaan anak buat Anda, sang ayah, ketika ia dewasa dan mengenang masa kecilnya. Ini karena ia melakukan banyak keseruan bersama ayahnya saat ia balita.

Keseruan itu akan jadi kenangan tak terlupakan untuknya. Lakukan ini bersama anak dan ciptakan pengalaman tak terlupakan bagi buah hati!

1. BELAJAR NAIK SEPEDA
Salah satu kebanggaan seorang ayah adalah saat mengajari anaknya mengendarai sepeda roda dua. Istri Anda mungkin tidak akan tega melihat si kecil terjatuh atau terluka saat belajar naik sepeda.

Namun, Anda akan selalu melindungi dan menyemangati anak kala ia jatuh dari sepeda. Hingga pada waktunya si kecil mahir bersepeda nanti, ia akan selalu ingat saat pertama Anda mengajarinya naik sepeda.

2. MENARI BERSAMA
Saat ada waktu senggang di rumah, putarlah musik riang. Lalu, taruh kaki anak di atas kaki Anda. Pegang tangannya dan bergeraklah. Minta istri merekam dengan video semua kegembiraan ini.

Saat besar nanti, ia akan bisa pamer jika ayahnyalah yang pertama kali mengajarinya menari.

3. MEMBELI ES KRIM
Istri Anda berpendapat anak belum boleh terlalu sering makan es krim. Tapi menurut Anda, sesekali makan es krim berdua anak tidak apa-apa. Jadi, ajak balita ke toko es krim dan pilih rasa es krim yang berbeda.

Beri ia kesempatan mencicipi es krim milik Anda dan sebaliknya. Sederhana, namun saat besar nanti, ia akan ingat Anda setiap kali lewat toko es krim. Ia juga tidak akan pernah lupa rasa es krim favorit Anda.

4. MEMBUAT MAINAN DARI KARDUS
Saat sedang bersih-bersih rumah, istri Anda ingin membuang kardus yang tak terpakai. Tahan dulu. Anda bisa mengubah kardus tersebut menjadi mainan buat anak, seperti pesawat terbang atau mobil balap.

Ajak balita membantu Anda dan biarkan ia berkreasi dalam membuatnya, misalnya saat mewarnai dan menghiasnya. Setelah jadi, potretlah mainan tersebut bersama anak.  Saat besar nanti, ia akan tersenyum melihat foto berharga tersebut.

Baca Juga: 6 Langkah Menjadi Ayah Hebat

5. ‘MENGEMUDIKAN’ MOBIL
Pangku dan berikan balita kesempatan memegang kemudi mobil yang sedang berhenti. Anda berdua bisa berimajinasi sedang berjalan-jalan melewati pegunungan, hutan, atau pantai. Jangan lupa menyebutkan segala yang bisa Anda temui dalam ‘perjalanan’.

Anak akan berterima kasih sudah dipercaya untuk ‘mengemudi’ dalam perjalanan tersebut. Kelak ia akan ingat momen ini sebagai saat pertama Anda mengajarkannya mengemudi.

6. MENONTON TIM BOLA FAVORIT
Pasangan Anda mungkin bukan penggemar sepakbola, sehingga Anda selalu sendirian menonton tim sepakbola kegemaran di rumah. Sesekali, ajak anak menonton tim sepakbola favorit Anda bermain di TV.

Anak memang belum paham, tapi melihat antusiasme Anda, bisa jadi ia semangat dan bahkan ikut berteriak girang saat tim Anda mencetak gol. Bukan tidak mungkin, saat besar nanti, ia jadi penggemar tim sepakbola yang sama dengan Anda. Keren, kan?

7. MEMANJAT POHON
Buat sebagian ibu, memanjat pohon adalah aktivitas berbahaya untuk balita. Tapi tidak demikian dengan Anda, ayahnya. Anda pasti ingin anak belajar memanjat pohon, seperti yang dulu sering Anda lakukan ketika kecil.

Jika kebetulan ada melihat sebuah pohon rindang, angkat anak dan naikkan di dahan yang kuat. Bayangkan,  betapa senangnya anak melihat sekelilingnya dari ketinggian pohon. Dan ia tidak akan pernah lupa pengalaman mengesankan tersebut. Lebih seru kalau Anda mengajaknya ke rumah pohon.

Baca Juga: Aktivitas Unik Ayah dan Anak

 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more