Kolostrum, Zat Penting Bayi Baru Lahir

 

Antibodi bayi meningkat, jika segera disusui segera setelah lahir. Saat itulah kolostrum dalam kadar tinggi ada dalam ASI.

Duh, bahagianya bisa mendekap bayi di ruang bersalin. Apalagi jika bisa segera susui bayi Anda setelah melahirkan. Karena saat itulah Anda memproduksi kolostrum dalam kadar yang tinggi melalui ASI.

Makanan paling ideal. Ibu yang baru melahirkan tak perlu bingung ketika proses awal laktasi, produksi ASI masih berupa cairan bening dalam jumlah hanya beberapa puluh cc saja. Ini adalah kolostrum. Cairan ini tak hanya mengenyangkan bayi baru lahir saja. Kolostrum mengandung protein, mineral, garam, vitamin A serta nitrogen dan zat antibodi. Mengapa kolostrum asupan paling ideal untuk bayi baru lahir? Karena mudah dicerna, kaya gizi dan menjadi perisai bayi melawan infeksi.

Meningkatkan antibodi. Kolostrum mengandung lebih banyak protein, mineral, garam, vitamin A serta nitrogen dibandingkan ASI yang diproduksi ibu 5 – 7 hari setelah melahirkan. Jumlah proteinnya 3 kali lipat lebih banyak. Sejumlah asam amino dan kadar protein tinggilah yang berperan meningkatkan antibodi bayi. Selain itu, yang membuat kolostrum istimewa adalah kandungan lgA dan sel darah putih yang tinggi. Berfungsi sebagai perisai bayi melawan infeksi.

Diburu dan ditiru. Penelitian telah dilakukan secara giat sejak lebih dari 20 tahun lalu. Temuan adanya lebih dari 30 komponen penting yang terkandung di dalamnya membuat produsen mengembangkan produk supplemen yang dilansir memiliki keampuhan sama dengan kolostrum dalam ASI. Bahkan ada yang ”menciptakan” sendiri

Antibodi bisa ditemukan jejaknya pada feses bayi yang mendapat kolostrum dari ibunya. Hal ini tidak ditemukan pada bayi yang hanya minum susu formula. Itulah bisa ditarik kesimpulan, bayi yang menyusu pada ibunya lebih tahan terhadap penyakit karena antibodi dari kolostrum tersebut.

Dengan manfaat luar biasa kolostrum, menjadi alasan kuat untuk menyusui bayi yang baru lahir seawal dan sesering mungkin.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Stimulasi Khusus Bayi Prematur

Bayi prematur kemungkinan memang lebih lambat dalam menguasai suatu keterampilan dibanding bayi lahir cukup bulan. Pemantauan tumbuh kembang sebaiknya dilakukan berdasarkan usia sesungguhnya dari bayi... read more