Kebenaran Rumput Fatimah Memperlancar Kelahiran

 

Caption


Kasus meninggalnya janin di kandungan yang sedang viral di media sosial, menyebut rumput fatimah sebagai biang penyebabnya.
Banyak pendapat yang beredar bahwa rumput fatimah bisa memperlancar kelahiran. Bagaimana dari hasil penelitian laboratorium, apakah rumput fatimah memang bisa memperlancar kehamilan?

 
Rumput fatimah (Labisia pumila) memang dikenal sebagai obat tradisional untuk membantu memperlancar proses persalinan. Sebuah penelitian di Malaysia tahun 1998, menemukan adanya kandungan hormon oksitosin di dalam rumput fatimah. Hormon ini dapat merangsang timbulnya kontraksi. Inilah yang membuat rumput fatimah dikenal sebagai obat yang dapat membantu persalinan.

Rumput fatimah biasanya direndam di dalam air matang sampai mengembang, kemudian air rendaman tersebut diminum. Selain itu, rumput fatimah ini juga digunakan untuk membantu proses pemulihan kontraksi rahim setelah persalinan. Tapi, karena termasuk obat tradisional, jadi belum ada takarannya yang pasti. 

Mempercepat Kontraksi

Diwawancara secara tertulis, Dr. Gorga Udjung, Sp.OG dari RSIA Bunda Jakarta, menjelaskan bahwa rumput fatimah mengandung oksitosin. "Oksitosin secara alami dihasilkan oleh tubuh untuk membantu kontraksi rahim dalam persalinan," tulis Gorga.

Dalam dunia medis, infus oksitosin dari luar digunakan untuk membantu menguatkan kontraksi pada persalinan yang perlu bantuan agar mempercepat proses kelahiran.

"Kalau dengan infus, dia steril dan bisa diatur kadarnya dalam cairan, konsentrasinya. Kalau rumput fatimah kita tidak tahu berapa kadarnya. Bisa tidak terkontrol kekuatan kontraksi yang terjadi pada rahim saat persalinan," terang Gorga.

Janin Stress dan Meninggal

Minum air rendaman rumput fatimah bisa membuat janin stress. Kalau lewat infus, kekuatan kontraksi bisa diketahui dan infus bisa distop, atau dimulai dari tetesan paling kecil dan kadar paling kecil. Karena kontraksi tidak terukur, ini bahayanya:

- Janin stress

-Janin meninggal karena pasokan oksigen ke dalam rahim berkurang akibat rahimnya dipaksa kontraksi

- Ibu mengalami rahim sobek

- Ibu berisiko meninggal karena rahim pecah

"Jangan gunakan herbal-herbal tanpa sepengetahuan dokter atau tenaga medis. Karena dosis dan konsentrasi oksitosin pada rumput fatimah kita nggak tahu," pungkas Gorga.

Imma Rachmani
Konsultan: Dr. Gorga Udjung, Sp.OG, RSIA Bunda, Jakarta

 



Artikel Rekomendasi

post4

Keluarnya Cairan Lokia di Masa Nifas

Betapa bahagianya Anda setelah melahirkan bayi yang lucu. Selanjutnya, tubuh Anda akan melalui masa pembersihan diri yang kerap disebut masa nifas. Pada 10 hari pertama, akan keluar darah dari vagina ... read more