Kolesterol Tinggi Sebelum Hamil, Tingkatkan Risiko Hipertensi

 

foto: shutterstock

Tingginya kolesterol sebelum Anda hamil, akan memengaruhi kondisi kesehatan anak kelak. Heart and Stroke Foundation di Kanada merilis hasil riset yang menyebut bahwa anak yang dilahirkan dari ibu dengan kolesterol tinggi sebelum hamil, berisiko 5 kali memiliki kolesterol tinggi di usia dewasanya kelak.
 
Kadar lemak darah yang tinggi sebelum hamil akan mengakibatkan hipertensi saat hamil. Kadar lemak darah yang rendah saat hamil, berisiko bayi lahir prematur dan berat lahir rendah.
 
Pastikan sebelum hamil Anda memiliki kadar lemak darah normal karena bila tidak, Anda berisiko hipertensi selama hamil. Dalam kondisi tidak hamil, dokter biasanya akan memberi obat penurun kolesterol yaitu statin. Obat ini bila diresepkan untuk ibu hamil akan mengakibatkan keterlambatan perekembangan mental pada anak.
 
Kadar kolesterol normal sangat penting sebelum hamil karena selama hamil, kolesterol akan meningkat dengan sendirinya. Peningkatan ini memang diperlukan untuk membentuk hormon-hormon steroid, yaitu esterogen dan progesterone yang sangat penting bagi keberlangsungan kehamilan. Janin di dalam kandungan mengambil banyak sekali lemak darah untuk membentuk anggota tubuh yang sehat dan perkembangan otak.
 
Jaga kolesterol sebelum dan selama hamil dengan memperbanyak konsumsi buah, sayuran dan serat. Hindari lemak jenuh serta biasakan berolah raga.
 
Imma Rachmani

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kesehatan Prima, Bayi Lahir Sempurna

Ketika memutuskan akan punya anak, buatlah janji konseling prakonsepsi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Anda ingin bayi sehat sempurna selama dikandung dan dilahirkan, bukan?... read more

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more

post4

5 Tips di Masa Prakonsepsi

Jika Anda sedang berusaha memiliki bayi, apa saja yang harus dilakukan agar kondisi Anda tetap prima saat hamil nantinya? Simak 5 tips berkut:... read more