8 Minuman Segar untuk Berbuka Puasa

 

 
Dok. FG


 
Es Pisang Ijo
Untuk 6 porsi

Bahan:

Pisang ijo:
200 g tepung beras
25 g tepung kanji
50 g gula pasir
¼ sendok teh garam
4 sendok makan air suji pandan
400 ml santan encer
1 tetes pewarna makanan hijau
6 buah pisang kepok/tanduk/raja, kupas
Plastik tebal

Bubur:
125 g tepung beras
1.000 ml santan dari ¾ butir kelapa
100 g gula pasir 
½ sendok teh garam
2 lembar daun pandan

Pelengkap:
Santan matang
Sirop merah
Es batu

Cara membuat:
1. Pisang Ijo: aduk tepung beras, tepung kanji, gula, garam, air daun suji, dan santan hingga tercampur rata dan licin, teteskan pewarna hijau, aduk rata. Masak adonan di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga kental. Angkat dan dinginkan. Bagi adonan menjadi 6 bagian.
2. Ambil 1 bagian adonan, ratakan di atas selembar plastik tebal. Taruh sepotong pisang utuh di tengahnya. Tutupkan adonan hijau dan bentuk adonan seperti pisang.
3. Kukus pisang dalam dandang panas selama 30 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan.
4. Bubur: campur tepung beras, santan, gula dan garam dalam panci, aduk hingga gula larut. Tambahkan pandan. Masak di atas api sedang aduk-aduk hingga kental dan matang, angkat.
5. Penyajian: potong-potong pisang ijo, taruh dalam mangkuk saji. Beri bubur, serta bahan pelengkapnya: santan, sirop merah dan es batu. Hidangkan segera.

 

 


Topic

#MenuRamadan



Artikel Rekomendasi

post4

Es Campur Medan

Kalau melihat penampakannya, Anda pasti langsung tergiur. Si kecil pun bisa jadi begitu juga. Cara membuatnya mudah lho.... read more

post4

Es Rujak Kambang

Membuat rujak bukan berarti harus berhubungan dengan sambal kacangnya. Coba buat rujak yang berasal dari Kalimantan Timur ini!... read more