Aktivitas-Aktivitas Ini Pererat Bonding Ayah Dan Anak

 

Dok. AB


Kesibukan seorang ayah seringkali membuatnya kurang memiliki kedekatan dengan anak. Padahal peran ayah juga penting bagi tumbuh kembang si kecil.  Menurut Dr. David Popenoe, Sosiolog dan Co-Director di The National Marriage Project Rutgers, University of New Jersey, AS, anak yang sering berinteraksi dengan ayahnya akan memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak. Nah, beberapa kegiatan ini bisa Anda lakukan berdua balita:

Mengajak bermain

Berdasarkan polling di www.ayahbunda.co.id, 61% ayah memilih mengajak anak bermain sebagai salah satu kegiatan favorit untuk mempererat bonding. Ada banyak hal yang bisa  Anda lakukan. Contohnya, menemani si kecil saat ia sedang bermain dengan mainan favoritnya, tanyakan bagaimana cara bermainnya. Atau bisa juga bermain peran, misalnya Anda menjadi pasien dan si kecil menjadi dokternya.

Bernyanyi

Musik bisa memicu anak untuk dapat mengekspresikan diri sesuai dengan situasi dan suasana hati. Ajak si kecil menyanyikan lagu favoritnya. Anda bisa lakukan di rumah atau di mobil saat macet untuk mengusir kejenuhan. Jika Anda bosan dengan lagu anak-anak, tidak ada salahnya mengenalkan lagu-lagu band favorit Anda pada balita. Yang penting, pastikan lirik lagunya sesuai dan mudah dicerna anak.

Olahraga

Bersepeda, berenang, dan bermain bola bisa jadi pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan bersama si kecil. Bersepeda bisa dilakukan saat libur atau akhir pekan di kompleks perumahan atau saat Car Free Day digelar. 

Tiduran

Akhir pekan tidak pergi kemana-mana? Manfaatkan free time Anda ini untuk menguatkan bonding dengan anak. Setelah makan dan menyelesaikan aktivitas lainnya, Anda dan balita bisa tidur-tiduran atau sekadar leyeh-leyeh di kamar atau ruang tv. Ajak si kecil mengobrol atau bercanda bersama. Seperti bermain klitikan, tebak-tebakan, atau permainan seru lainnya.

Cuci mobil

Yeay, main air! Semua anak, laki-laki maupun perempuan pasti senang bermain air. Ajak ia membantu Anda mencuci mobil. Hal ini bisa jadi ajang ia bermain sambil belajar. Anda bisa mengajarkan tahapan mencuci mobil, mulai dari membasahi, menyabuni, mengeringkan, hingga memoles. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengenalkan nama dan fungsi bagian-bagian mobil.

Jalan-jalan

Tidak cuma jalan-jalan di mal, tetapi bisa juga keliling kompleks atau ke taman dekat rumah. Lakukan saat pagi atau sore hari, ketika udara masih segar. Selama melakukan aktivitas ini, Anda bisa mengajak si kecil berbincang-bincang. Tanyakan apa kegiatannya hari ini atau mau makan apa hari ini. Anda juga bisa mengenalkannya pada berbagai macam hewan, tumbuhan atau hal-hal menarik lainnya saat jalan-jalan. Si kecil pasti suka! 

Nonton film

Luangkan waktu untuk menemani balita menonton acara favoritnya. Atau sekali-kali ajak ia menonton film di bioskop, tentunya pilih film sesuai usianya ya, Ayah. Menonton film bisa jadi selingan rekreasi bagi si kecil. Selain terhibur, bisa jadi ajang pembelajaran anak tentang disiplin dan aturan main, seperti harus mengantre dan tidak boleh berisik saat di dalam bioskop.

Berkebun

Jika Anda punya kebun kecil di belakang rumah, jangan ragu untuk mengajak si kecil ikut berkebun. Dengan berkebun, balita akan merasa dipercaya tanpa takut dilarang karena kotor. Gunakan peralatan berkebun khusus untuk anak seperti wadah air, sekop, dan sarung tangan kecil. Tapi, jauhi anak dari benda-benda tajam atau yang mengandung zat kimia berbahaya. Selesai berkebun, minta ia mandi hingga bersih.

Makan bersama

Awali aktivitas ini dengan memasak bersama si kecil. Persilakan istri Anda istirahat sejenak. Berdua anak, pilih menu sarapan atau makan siang yang mudah dibuat, seperti waffle, roti panggang, jamur tepung, atau mi goreng dengan sayuran. Bantu ia menyiapkan bahan-bahannya dan Anda yang memasak. Setelah masakan jadi, nikmati bersama si kecil. Ia pasti merasa bangga dengan hasil masakannya!

Melakukan pekerjaan rumah

Melakukan pekerjaan rumah juga bisa jadi aktivitas menyenangkan Anda berdua anak. Jadi jangan segan-segan mengajak balita duet membereskan rumah. Mulailah dengan pekerjaan yang ringan terlebih dahulu. Selain mengasah keterampilan motoriknya, balita juga belajar tanggung jawab dan kebersihan. Makin seru jika Anda berdua membereskan rumah sambil bernyanyi atau menyetel musik.


(MON/WIT)


Baca juga:
Momen Istimewa Ayah dan Anak Perempuannya
Tips Ajak Anak Belanja Ke Supermarket Bahan Bangunan
12 Tip Membuat Balita Lebih Bahagia

 



Artikel Rekomendasi