15 Keseruan Tak Terlupakan Ayah dan Anak

 


8. BERMAIN DI GARASI
Siapa bilang hanya orang dewasa yang boleh ada di garasi? Anakanak juga bisa. Sertakan si kecil untuk membantu Anda saat Anda sedang memperbaiki mobil atau motor. Biarkan juga ia ikut asyik mencuci sepedanya sendiri saat Anda mencuci kendaraan Anda.

Selain belajar bertanggung jawab terhadap barang miliknya, siapa tahu saat besar nanti ia akan jadi insinyur yang merancang mesin-mesin hebat. Dan semuanya berawal dari garasi!

9. MENDONGENG.
Sepulang bekerja, tidak ada salahnya Anda menyempatkan diri temani anak tidur. Isi kegiatan menjelang tidurnya dengan membacakannya cerita. Pastikan dongeng yang disampaikan menarik dan bacalah dengan beragam ekspresi wajah dan intonasi suara sesuai karakter dalam cerita.

Lewat dongeng, Anda bisa menyisipkan pesan-pesan moral yang bisa ia contoh. Rutinitas ini akan mengingatkannya selalu bahwa ayahnya adalah seorang pendongeng hebat.

10 BERKEMAH DAN MEMANCING.
Ajak balita menginap di dalam tenda. Dengarkan suara burung, gemerisik dedaunan tersapu angin, menikmati langit penuh bintang pada malam hari. Ajak juga ia memancing di sungai dekat area berkemah.  

Anak mungkin jijik melihat cacing untuk umpan atau justru berani memegangnya. Lihat ekspresi mukanya saat kail berhasil menangkap ikan, it’s priceless!  Petualangan itu akan menjadi pengalaman tak terlupakan olehnya.

11. BERMAIN BONEKA
Anak perempuan identik dengan boneka. Jadi, luangkanlah waktu untuk bermain boneka bersama si kecil. Ini mungkin akan terlihat konyol buat Anda. Tapi percayalah, itu bisa jadi momen paling berarti bagi anak.  

Dengan kolekasi bonekanya Anda juga bisa mengajaknya bermain peran, misalnya, main menjadi tamu dan tuan rumah atau memandikan dan memakaikan baju boneka. Seru!

12. POTONG RAMBUT BERSAMA
Saat libur dan Anda ingin potong rambut, kenapa tidak sekalian ajak anak ke barber shop atau pangkas rambut untuk potong rambut bersama? Berikan si kecil kebebasan untuk memilih gaya rambut.

Atau jika perlu, Anda berdua bisa janjian untuk pilih gaya rambut yang sama. Setelah selesai, lakukan selfie berdua anak dan unggah fotonya di akun sosmed Anda. Tidak perlu tunggu lama, akan ada banyak yang menyukai postingan Anda tersebut.

13. BERMAIN SPONTAN
Ada kalanya anak bosan dengan mainan yang itu-itu saja. Bagaimana jika Anda ciptakan permainan yang spontan untuk Anda berdua? Misalnya saat membantu istri di rumah. Anda bisa ciptakan permainan menyortir pakaian yang akan dicuci.

Ambil pakaian berwarna dan lempar ke mesin cuci, sedangkan yang berwarna putih dipisahkan dan lempar ke ember besar. Selain menyenangkan, ini juga melatih motorik kasar balita. 

14. SAAT MIMPI BURUK
Saat malam hari anak terbangun karena mengalami mimpi buruk, ia mungkin akan menangis dan sulit tidur kembali. Temani ia hingga tertidur. Berikan pelukan hangat yang akan menenteramkan hatinya.

Ucapkan juga kata-kata yang bisa membuatnya nyaman, misalnya “Tidak perlu takut, Ayah di sini akan menjaga kamu dari mimpi buruk.” Anak akan menganggap Anda sebagai pelindungnya dan orang yang selalu ada untuknya setiap saat.

15. HARI BAIK HATI
Bersama istri, ciptakan 'hari baik hati'. Pilih satu hari dalam satu minggu atau satu bulan untuk mengajarkan anak berbuat baik. Mulailah dari perbuatan-perbuatan sederhana, misalnya, hari Selasa adalah hari membantu menyiapkan makan malam dan hari Senin hari menyapa satpam kompleks.

Perbuatan kecil ini jika diterapkan terus akan jadi kebiasaan baik yang mudah diiingat oleh anak. 

Baca Juga: Gaya Ayah Mengasuh Anak

 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more