Ayo, Dipakai Bajunya, Nak!

 

Pixabay
Biasanya anak usia dua tahun suka melakukan apapun sendiri, termasuk memakai baju dan celana sendiri. Pada usia ini, kemampuan motorik dan kognitifnya sudah mulai berkembang dan berpakaian sendiri akan menjadi latihan yang menantang.

Melatih keterampilan ini sejak dini sangat penting, sebenarnya. Latihan ini akan membuatnya terbiasa melakukan kegiatan untuk menolong diri sendiri. Dengan begitu, Anda sudah melatihnya untuk mandiri dan mengasah kecerdasan emosi sosialnya.

Keterampilan ini butuh pembiasaan, maka Anda jangan pernah bosan mengajak balita latihan. Bagi anak yang sudah mencoba berpakaian sendiri di awal usia dua tahun, biasanya akan sudah mahir menjelang usia tiga tahun.

Latihlah!

Main boneka. Anda juga bisa melatih balita berpakaian melalui permainan dengan mengajarkannya mengganti pakaian bonekanya. Anda bisa memberikan boneka yang cukup besar, sehingga jemarinya lebih mudah membuka dan memasangkan pakaian. 

Ganti popok. Atau jika ia memiliki sepupu yang lebih muda, ajaklah ia mengganti popok atau mengenakan pakaiannya. Dan ketika balita mulai tertarik, beri ia motivasi mengenakan beragam bagian dari busana sendiri, seperti kaos kaki, topi, sandal, jaket, atau kaos dan celana. 

Sisiran, yuk! Ada pula kegiatan menyisir, mandi dan sikat gigi yang bisa mulai dilatih sejak dini. Berilah sisir yang mudah digenggam dan nyaman untuk menyisir sendiri. Doronglah balita untuk menyisir sambil bercermin. Beritahu balita kalau menyisir secara benar, akan membuatnya terlihat rapi dan memiliki rambut sehat.
 
Cobalah untuk tidak memberikan kritik atau penilaian saat ia tak mampu melakukan sendiri seluruh proses keterampilan ini. Yang ia butuhkan saat ini adalah contoh, petunjuk yang tepat, dan dorongan dari Anda. Jangan memburu-burunya, berilah ia kelonggaran waktu. (WIT)



Baca juga:
Aduh, Nakalnya!
Asyiknya Bermain Squishy!
Ajar Balita Anda Berjalan

 

 

Artikel Rekomendasi

post4

Alihkan Balita dari Gadget

Orang tua Anda baru saja membelikan tablet untuk balita Anda. Dalam sekejap si kecil handal memainkan segala jenis permainan pada gadget. ... read more

post4

Aduh, Nakalnya!

Balita sering pulang dengan menangis, mengaku dinakali temannya. Apa yang harus Anda perbuat?... read more