Memupuk Keinginan Membaca Balita

 

Anak Anda gemar membaca buku. Ini bisa jadi peluang bagus untuk melatih anak mengenal huruf. Sebagai orang tua, Anda sudah sepantasnya mendukung keinginannya ini dengan beberapa cara di bawah ini.
 
  1. Bacakan buku apa saja yang diminta anak, meski itu buku yang sama setiap malam selama berminggu-minggu.
  2. Baca atau bercerita secara perlahan supaya anak paham isi cerita.
  3. Ekspresikan isi bacaan. Gunakan suara yang berbeda untuk setiap karakter, naikkan dan rendahkan suara sesuai konteks.
  4. Gunakan boneka tangan atau boneka jari dan properti lain yang mendukung cerita.
  5. Dorong anak bertepuk tangan dan menyanyi saat Anda membacakan bagian cerita yang berisi lagu.
  6. Bahas bersama anak tentang ilustrasi buku cerita. Tunjuk gambar dan sebutkan namanya. Selanjutnya minta anak mengulang dan beri tepuk tangan bila ia bisa menceritakannya kembali dengan baik.
  7. Lontarkan pertanyaan terbuka. Misalnya, “Kenapa, ya, singa sembunyi di balik pohon? Kalau ia tidak bersembunyi, kira-kira apa yang akan terjadi, ya?” Pertanyaan terbuka mendorong anak berpikir tentang isi cerita dan bertanya.
  8. Ganti nama tokoh cerita dengan nama anak.
 
Untuk meningkatkan keinginan membaca anak, berikan ia:

- Buku bacaan. Agar ia bisa menyentuh dan merasakan bentuk  buku, merasakan sensasi dari menyentuh (seperti buku pop-up yang bisa bergerak), melihat gambar nyata seperti di foto untuk mendorong imajinasinya, dan belajar dari kegiatan positif yang ada di buku tersebut.
- Flash card bergambar buah, binatang, warna, dll. (ES)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Liburan dengan Aktivitas Seru

Mainan baru tak harus beli. Balita perlu Anda ajari berhemat dengan membuat sendiri aneka mainan sambil berlatih menggunakan jemarinya. Ajak balita membuatnya di waktu libur. ... read more

post4

Boneka Tangan

Inilah cara seru mengenalkan balita pada hewan sambil mengasah kreativitasnya. Ajak ia membuat boneka tangan dari kaus kaki. ... read more