Agar Anak Tak Bingung Karena Beda Rutinitas

 

Anak Anda yang kini beranjak usia 2 tahun bingung karena rutinitas berubah. Jika Anda tenang, anak Anda pun ikut tenang.

Rutinitas keseharian anak usia 2 tahun, seperti mandi, makan, main, sikat gigi dan tidur dikenalnya lewat pembiasaan. Terutama ketika sepanjang hari di rumah bersama pengasuhnya. Pada saat pengasuh pulang mudik, terpaksa anak menjalani rutinitas hariannya dengan orang lain. Nah, ini bisa menimbulkan masalah.

Orang lain, bahkan Anda sendiri, bisa jadi tanpa sengaja mengubah rutinitas tersebut. Ini membuat anak bingung dan rewel. Jangan senewen dulu. Kerewelan anak bukan berarti ia lebih senang bersama pengasuhnya daripada bersama dengan Anda. Ia butuh ketenangan, maka berikanlah ketenangan itu.

Santai saja mendampingi anak beralih dari suasana keseharian bersama si Mbak dengan menjalani rutinitas harian secara menyenangkan. Sambil mengantar anak mandi, ajak ia bercerita dan bernyanyi Bangun Tidur. Habis mandi, ajak ia makan sambil dibacakan cerita Keluarga Buah dari sisipan Buncil. Jangan lupa temani ia main dan berperanlah sebagai sahabat yang baik bagi anak. 
   
Atur jadwal kembali. Jika Anda sulit membuat si 2 tahun patuh pada jadwal harian biasa, hindari paksaan karena bukannya memudahkan malah muncul kecemasan dan masalah baru. Lakukan semampu Anda, turunkan standar kesempurnaan Anda.

Bagi anak, mengalami peralihan tidaklah mudah. Ada baiknya sebelum si Mbak pergi, peralihan sudah dilakukan. Misalnya, dengan melibatkan pengasuh pengganti atau Anda sendiri belajar cara yang biasa diterapkan si Mbak  dalam menjalani jadwal harian dengan anak.

Trik ini membuat Anda tak butuh waktu berhari-hari untuk membawa si 2 tahun ke dalam rutinitas hariannya. Semua bisa berjalan mulus, sehingga jadwal anak sesuai dengan  kemampuan Anda mengorganisasi tugas-tugas rutin.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Cintai Dia Tanpa Syarat

Saat pertama kali mengetahui anaknya autis, umumnya orang tua shock. Reaksi orang tua biasanya tidak dapat langsung menerima. ... read more